Politik

Zulkenedi Said Hadiri Tradisi Mufakat dengan Pemangku Adat di Pasar Tarandam

346
×

Zulkenedi Said Hadiri Tradisi Mufakat dengan Pemangku Adat di Pasar Tarandam

Sebarkan artikel ini

PASAMAN — Sejak Kampanye Pemilihan Umum Legislatif dan Pemilihan Umum Presiden Serentak 2024 dimulai, Anggota DPRD Sumbar hasil Pemilu 2019 dari Dapil VI Sumbar (Pasaman dan Pasbar), Zulkenedi Said semakin sibuk menghadiri undangan dari berbagai lapisan masyarakat.

Sebagai bentuk komitmen dan menjaga silaturahmi dengan masyarakat, Senin (22/1/2024) usai bakda shalat Magrib, Zulkenedi Said yang kembali maju sebagai Caleg DPRD Sumbar dari Dapil VI Sumbar dengan nomor urut 1 dari Partai Golkar menghadiri Mufakat atau duduk ninik mamak (Kesepakatan pemangku adat atau penghulu), sebuah tradisi adat di di Pasar Tarandam Simpang Tigo Koto Baru Kecamatan Luhak Nan Duo, Pasbar, dimana salah seorang anak kamanakan di nagari tersebut akan mengadakan suatu acara Prosesi akad nikah dan resepsi pernikahan.

Ditempat itu, Zulkenedi Said yang juga Ketua Fraksi Partai Golkar DPRD Sumbar sambil bersilaturahmi dan bercengkrama sambil ‘maota’ (berdiskusi-red) dengan Pemuka masyarakat, tuan rumah dan para undangan lainnya.

“Alhamdulillah kami berkesempatan berdiskusi banyak hal tentang Pembangunan dan kepentingan masyarakat dan daerah Pasaman Barat,” ujarnya kepada wartawan media ini, Rabu (24/1).

Seperti diketahui, nikah kawin di ranah Minang salah satu tahapan yang harus dijalani dimulai dengan mengundang para ninik mamak dan warga sekitar kerumah yang akan mengadakan pesta. Lalu disuguhkan makanan dan minuman Setelah selesai para undangan mencicipi hidangan, maka dilaksanakan rapat adat mufakat duduk ninik mamak.

Selesai mufakat duduk mamak itu, Zulkenedi Said sebagai anggota DPRD Sumbar yang dituakan dalam masyarakat usai menyapa seluruh yang hadir dilanjutkan dengan diskusi pembangunan Sumbar khususnya dan Pasbar khususnya. (drd)

BACA JUGA  Rang Pasisia Dituntut Menangkan Pasangan NA-IC di  Pilgub Sumbar 

Comment