Politik

Kehadiran Pembangunan Penguatan Tebing Sungai Disambut Antusias Warga Nagari Lingkung Aur Barat

249
×

Kehadiran Pembangunan Penguatan Tebing Sungai Disambut Antusias Warga Nagari Lingkung Aur Barat

Sebarkan artikel ini

PASAMAN — Masyarakat petani Nagari Lingkung Aur Barat Pasaman Barat antusias adanya rencana program pembangunan Bangunan Penguatan Tebing Rajang Tanjung Pangka.

Demikian diungkapkan dalam perbincangan Anggota DPRD Sumbar, Zulkenedi Said kepada wartawan media ini, Minggu (14/1/2024).

Dijelaskannya, Kamis ,(11/1/2024) lalu dirinya bersama Sekretaris Dinas SDA dan BK Provinsi Sumatera Barat Ir. Ardiasyah, MT dan rombongan yang di dampingi Sekretaris Nagari Lingkung Aur Barat beserta perangkat Nagari lainnya, Ninik Mamak, serta pemuka masyarakat lainnya bersama-sama melihat kelokasi ditengah tarik panas matahari pagi menjelang siang itu.

“Kami memulai perjalanan meninjau ke lapangan untuk melihat rencana program pembangunan bangunan penguatan tebing Rajang Tanjung Pangka yang kiri kanan tebing nya trrgerus arus sungai Batang Pasaman yang meluap sehingga banyak tebing sepanjang aliran sungai batang Pasaman tersebut rusak (runtuh/terbal ke sungai bahkan ada lokasi pandan perkuburan disana), yang berakibat kalau tidak cepat diatasi Rajang Tanjung Pangka bisa ambruk (jatuh) ke sungai dan perhubungan lalu lintas masyarakat timbal balik akan menjadi putus,” terangnya.

BACA JUGA  Petahana Tak Jaminan, Elektabilitas Semua Cagub Sumbar Masih Dibawah Ambang Batas

Menurut Zulkenedi Said, rajang tersebut merupakan satu-satunya akses jalan menujul ke perkebunan PT. PHP II, PT. GRESINDO dan PT. IV KOTO serta perkebunan masyarakat petani lainnya juga akan terputus.

“Adapun kegiatan pada kunjungan kelapangan ini adalah untuk menentukan dimana titik lokasi yang akan dibangun tahun 2024 ini,” ujarnya.

Ditambahkanya, dari kunjungan itu terlihat kondisi yang sebenarnya dari kerusakan pondasi Rajang Tanjung Pangka ini serta lingkungan sekitarnya sepanjang sungai batang Pasaman itu.

“Respon masyarakat terhadap rencana pembangunan ini sangat mendukung dan positif sekali, karenan akan sangat besar manfaatnya bagi masyarakat baik sebagai sarana perhubungan lalu lintas sehari-hari maupun sebagai urat nadi penunjang roda perekonomian masyatakat dan jalan akses menuju perkebunan sawit,” ujarnya. (drd)

BACA JUGA  Enam Jabatan Eselon II Sumbar Diperebutkan 47 Pejabat, Ada Orang Dekat Mahyeldi

Comment