Kota Padang

Wawako Padang Soft Launching Pengolahan Sampah Terpadu Teknologi RDF

303
×

Wawako Padang Soft Launching Pengolahan Sampah Terpadu Teknologi RDF

Sebarkan artikel ini

PADANG-Wakil Wali Kota Padang Ekos Albar gelar soft launching Tempat Pengolahan Sampah Terpadu Teknologi – Refuse Derived Fuel (TPST-RDF) di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Aie Dingin Balai Gadang Koto Tangah, Rabu (13/12 /2023).

Proyek ini merupakan salah satu alternatif pengolahan sampah yang diperoleh dari bantuan ISWMP dengan kapasitas 200 ton perhari dengan anggaran mencapai sebesar Rp 128 miliar.

“Sementara, kapasitas sampah di Kota Padang setiap hari mencapai 630 ton perhari. Sehingga, dengan keberadaan proyek TPST-RDF ini bisa mengurangi kapasitas sampah sekitar 20 persen setiap hari,” ujar Ekos Albar.

Dikatakan, Pemko Padang telah mempunyai Feasibility Study (FS) yang dibuat tim ahli dari Universitas Andalas (Unand) November 2020. FS tersebut merekomendasikan teknologi TPST-RDF layak diterapkan di Kota Padang.

BACA JUGA  Terkait Peminjaman Uang Zakat, DPRD Bakal Panggil Pengurus Baznas Kota Padang

Selain itu Pemko Padang telah memiliki MoU (kerjasama) dengan off taker/pemanfaat produk RDF yaitu PT Semen Padang pada tanggal 6 Desember 2021.

Menurutnya, hadirnya TPST-RDF memberikan beberapa manfaat untuk Kota Padang antara lain perpanjangan masa pakai TPA, mengurangi emisi karbon, gas metan yang menjadi penyebab rusaknya ozon dan pemanasan global, RDF bisa menjadi energi terbarukan dan RDF menjadi sumber PAD baru bagi Kota Padang.

“Diharapkan dengan adanya teknologi RDF ini Kota Padang dapat melakukan pengelolaan sampah yang lebih baik dan dapat mengubah perilaku masyarakat Kota dalam pengelolaan sampah,” ujarnya.

Pada kesempatan tersebut pihaknya menyampaikannya ucapan terimakasih kepada Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Dirjen Sanitasi Kementerian PUPR, BPPW Sumatra Barat, dan semua pihak yang telah mendukung pencanangan lokasi TPST-RDF di TPA Aie Dingin Kota Padang.

BACA JUGA  Dengarkan Nasehat Ulama, Walikota Padang Hendri Septa Mundur

Belakangan Pemko tengah menyiapkan lahan untuk pembangunan untuk penerapan teknologi Refuse Derived Fuel (RDF) di TPA Aie Dingin.

Ditambahkan Ekos, pengolahan sampah secara konvensional selama ini menyelesaikan maslah sampah di Kota Padang. Apakah itu pengelolaan sampah dengan Bank Sampah dan sebagainya. Ke depan mamang masih diharapkan pengolahan sampah dengan teknologi.

Comment