Pendidikan

Dibantu Muhammadiyah Pusat Rp200 Juta, Pembangunan Asrama Pontren Kauman Dimulai

342
×

Dibantu Muhammadiyah Pusat Rp200 Juta, Pembangunan Asrama Pontren Kauman Dimulai

Sebarkan artikel ini
Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Prof. Dr. Haedar Nashir,M.Si resmikan pembangunan gedung lantai tiga asrama putra Pondok Pesantren Kauman Muhammadiyah Padang Panjang Sabtu (4/11/2023).Ist

PADANG PANJANG – Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Prof. Dr. Haedar Nashir,M.Si resmikan pembangunan gedung lantai tiga asrama putra Pondok Pesantren Kauman Muhammadiyah Padang Panjang. Peresmian pembangunan gedung asrama yang menelan biaya kisaran R3,5 Miliar ini ditandai dengan peletakan bata pertama, Sabtu (4/11/2023).

Haedar menyampaikan dalam sambutannya bahwa hadirnya fasilitas lantai tiga asrama putra ini merupakan efek dari semakin bertambahnya jumlah santri di Pesantren yang berada di Komplek Perguruan Kauman Muhammadiyah Padang Panjang tersebut. Sebagai lembaga pendidikan yang bersifat Boarding School sebut Haedar harus mampu menyeimbakan antara jumlah santri dengan sarana prasaran agar proses pembelajaran berjalan dengan baik.

“Asrama ini merupakan sarana penting bagi para santri untuk mengembangkan diri. Selain sebagai tempat tinggal, asrama juga menjadi tempat untuk belajar, berdiskusi, dan bersosialisasi. Ini merupakan wujud keseriusan lembaga pendidikan untuk terus meningkatkan sarana prasarana, agar proses pendidikan di sini berjalan dengan baik,” ungkap Haedar Nasir.

Ditambahkannya saat ini pergerakan yang dilakukan oleh pesantren Kauman telah menarik perhatian pimpinan pusat. Pimpinan pusat sebutnya akan terus mendukung dan mendorong agar pembangunan ini cepat selesainya. Juga Haedar berharap bahwa pesantren yang dipimpin oleh Dr. Derliana ini tetap terus melahirkam kader-kader unggulan Muhammadiyah.

“Kami apresiasi seluruh dinamika gerak dari para pengurus dan keluarga besar dari Pimpinan Daerah maupun pimpinan Pesantren. Kami berharap Kauman akan terus melahirkan kader Muhammadiyah yang dapat mengikuti atau bahkan dapat melebihi jejak Buya Hamka yang dulu merintis pergerakan Muhammadiyah di Kauman ini,” katanya.

BACA JUGA  PKL Mulai Marak Berjualan di Depan Pagar SMKN 1 Sumbar

Haedar yang juga didampingi sang istri, Hj.Siti Noordjannah Djohantini berjanji akan membantu pembangunan sebanyak 200 juta melalui kerjasama dengan lazismu pusat. Ia mengatakan selain Kauman, ada beberapa Pondok pesantren Muhammadiyah saat ini juga dalam tahap pembangunan fasilitas.

Comment