Budaya

Darak Badarak Hoyak Ribuan Pengunjung di Medan Nan Bapaneh KAN Pauh IX

871
×

Darak Badarak Hoyak Ribuan Pengunjung di Medan Nan Bapaneh KAN Pauh IX

Sebarkan artikel ini

PADANG-Ribuan pengunjung padati Medan Nan Bapaneh Kantor KAN Pauh IX Kuranji menyaksikan Festival Seni Tradisional, Sabtu malam (28/10/2023). Bahkan, pengunjung berdesakan ingin menyaksikan penampilan Sanggar Kesenian dari Pariaman Darak Badarak.

Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Sumbar, Luhur Budianda menabuh secara langsung festival yang digelar melalui pokok pikiran Anggota DPRD Sumbar Evi Yandri Rrajo Budiman.

“Festival ini juga mendukung Visit Beautiful West Sumatera (VBWS) 2023 dalam mempromosikan pariwisata Sumbar dan menggaet wisatawan ke Sumbar,” ujar Budianda.

Festuval Seni Tradisional ini menampilkan berbagai seni tradisi minangkabau seperti sipak rago, randai, silat dan pertunjukan seni musik tradisi.

Budianda mengatakan, pihaknya bersama kabupaten/kota telah menggelar puluhan event hingga saat ini.

BACA JUGA  PPSI Gelar Seminar Sehari Silek Pauh, Demi Pelestarian Silat Tradisi

“Ini merupakan Event paling semarak karena dihadiri oleh puluhan ribu masyarakat baik dari Kota Padang sendiri juga dari luar Padang, karena Festival Seni Tradisional yang digelar tepat 28 Oktober 2023 merupakan hari Sumpah Pemuda selain menampilkan sipak rago, randai, silek, dan bintang tamu Darak Badarak,” kata Budianda.

Menurut Budi, seni pertunjukan khas Minangkabau merupakan penampilan yang tidak selalu dapat dinikmati setiap waktu, sehingga masyarakat dan wisatawan diharapkan dapat memanfaatkan momen festival ini dengan baik.

“Akan ada penampilan dari kabupaten/kota di Sumbar, dan ini tidak selalu bisa dinikmati tiap waktu, jadi silahkan dinikmati acara ini,”tambah Budianda.

Anggota DPRD Provinsi Sumbar yang juga Ketua FKAN Pauh IX Kuranji, Evi YandriRajo Budiman S., Ip mengatakan ini digelar untuk merajut kecintaan masyarakat kepada nilai-nilai seni tradisional khususnya di Nagari Pauh IX Kuranji, Kota Padang.

BACA JUGA  Masyarakat Toboh Gadang Jatim Semarakan Halal bi Halal IKKATOS 2019

Evi Yandri mengatakan, Festival Seni Tradisional anak nagari ini dilaksanakan Dispar Sumbar yang bertujuan generasi muda di Sumbar kembali mencintai budaya mereka. Sehingga, mereka generasi muda Sumbar khususnya diNagari Pauh IX Kuranji hilang dari nilai-nilai budaya mereka terutama terkait budaya Seni tradisional mereka.

Comment