Peristiwa

10 Hektar Hutan dan Lahan Terbakar di Pesisir Selatan Berhasil Dipadamkan

398
×

10 Hektar Hutan dan Lahan Terbakar di Pesisir Selatan Berhasil Dipadamkan

Sebarkan artikel ini

PAINAN – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pesisir Selatan berhasil memadamkan kebakaran hutan dan lahan seluas 10 hektar. Sebelumnya diketahui ada titik api di Pesisir Selatan.

Kebakaran itu terjadi di areal perkebunan kelapa sawit milik warga di Nagari Teluk Ampalu, Kecamatan Pancung, Kabupaten Pesisir Selatan, Provinsi Sumatera Barat.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Pesisir Selatan Defri Siswandi di Painan, Rabu, menyampaikan bahwa Tim Reaksi Cepat (TRC) langsung turun ke lokasi setelah menerima informasi mengenai munculnya titik api di Nagari Teluk Ampalu pada Selasa (5/9).

“TRC turun untuk memadamkan api sambil melakukan asesmen di lokasi guna mencegah kebakaran semakin meluas,” katanya.

BACA JUGA  Dinas Koperasi UKM dan Tenaga Kerja Bukittinggi Adakan Pelatihan Digitalisasi Marketing

Menurut dia, petugas juga melakukan pemantauan untuk memastikan api benar-benar sudah padam karena kebakaran terjadi di lahan gambut.

Selain di Nagari Teluk Ampalu, Defri menyampaikan, kebakaran juga terjadi pada lahan seluas sekitar 10 hektare di Nagari Pondok Parian, Kecamatan Lunang.

“Kami telah turunkan tim. Beruntung, hujan mulai turun, sehingga upaya pemadaman dan pengendalian kebakaran bisa lebih cepat,” katanya.

Menurut dia, kebakaran di wilayah Nagari Pondok Parian diduga terjadi akibat aktivitas pembukaan lahan untuk perkebunan kelapa sawit.

Defri mengimbau warga tidak membuka lahan dengan cara membakar, apalagi pada musim panas seperti sekarang.(*)

Comment