Peristiwa

Dianggap Tak Disiplin, Imam Masjid Raya Sumbar Dipecat

544
×

Dianggap Tak Disiplin, Imam Masjid Raya Sumbar Dipecat

Sebarkan artikel ini
Masjid Raya Sumbar.(metrokini)

PADANG – Imam Masjid Raya Sumatera Barat dipecat, pemberitahuan hanya dilakukan dengan lisan. Informasi pemecatan itu beredar luas di media sosial.

“Assalamualaikum warahmatullahi wrb pak ketua mohon maaf ini terlebih dahulu, saya ini jemaah masjid Raya Sumbar sekarang ini kurang kondusif masjid Raya Sumbar, di sebab kan imam tetap mau di buang oleh pengurus,”begitu pesan yang beredar di media sosial di Sumbar, pesan itu dibagikan Anggota DPRD Sumbar, Hidayat Jumat, (19/5/2023).

Dilanjutkannya, penggantian itu belum dimusyawarahkan terlebih dahulu. Pengurus tampak bertangan besi tidak mau dengar jemaah. Kalau dapat diaudit keuang masjid ini pak ketua.

Diketahui, Imam Masjid Raya Sumatera Barat selama ini dijalankan oleh Albizar. Kurang lebih sekitar 6,5 tahun dijalankan oleh Albizar.

BACA JUGA  Jembatan Kiambang dan Jalan Teban di Silungkang Oso Segera Dikerjakan

Kepala Biro Kesejahteraan Masyarakat Setdaprov Sumbar, Al Amin hanya meminta pengurus untuk profesional. “Apapun informasinya, kita dari Pemprov meminta pengurus dalam hal profesional saja,”katanya.

Sementara Sekretaris Pengurus Masjid Raya Sumatera Barat, Mulyadi Muslim dihubungi membenarkan ada penggantian imam Masjid Raya Sumbar. Namun, penggantian tersebut menurutnya ada dasarnya.

“Ini sebenarnya adalah untuk menjaga marwah seorang imam. Kita harus menjaganya, tapi kalau sudah beliau yang membukanya, kita takut malah dia sendiri yang tersudut,”katanya.

Diungkapkannya, posisi Albisar sebelumnya sudah pernah dievaluasi oleh pengurus. Itu bahkan, pengurus sebelum dirinya. Hanya saja belum ada tindakan, karena masih menunggu perubahan.

Disebutkannya, selama ini Albisar selaku imam masjid tidak disiplin. Meninggalkan masjid tanpa memberitahukan pengurus. Sehingga juga berpengaruh pada jamaah.

BACA JUGA  Sumbar 10 Besar Provinsi dengan Pemuda Paling Banyak Jomblo 2023

“Ini sudah lama, kita ingatkan tapi tidak berubah,”katanya.

Bahkan, saat diundang untuk koordinasi dan rapat-rapat dengan pengurus tidak pernah mau datang. Sikap itu tidak mencermian seorang imam.

“Imam itu kan harus disiplin, kita kan perlu koordinasi. Kadang dia pergi tanpa pengetahuan pengurus. Dia juga merokok, padahal sudah diingatkan,”ujarnya.

Comment