Pendidikan

Isrizal Gencarkan Implementasi Moderasi Beragama di MTsN 1 Padang

221
×

Isrizal Gencarkan Implementasi Moderasi Beragama di MTsN 1 Padang

Sebarkan artikel ini

PADANG – Kepala Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 1 Padang Isrizal gencarkan Implementasi moderasi beragama kepada siswanya. Hal itu terlihat dari beberapa inovasi yang dilakukan.

Di antara inovasi tersebut  digelarnya Muhadharah Akbar bartajuk moderasi beragama, pidato kebudayaan salah seorang siswinya Hanna, pencerahan yang berisi moderasi beragama. Dan yang paling spaktakuler adalah lahirnya Karya Inovatif dalam bentuk Musikalisasi Puisi Moderasi Beragama yang telah mengundang decak kagum semua hadirin pada pembukaan KSM tingkat Sumatera Barat di MAN 2 Padang, Minggu (10/9/22).

Musikalisasi Puisi itu telah tayang di channel you tube MTsN 1 Padang TV dan ditonton oleh 694 orang. “Musikalisasi ini sebuah karya terbaru bertajuk moderasi yang relevan dengan era ini,” ujar Isrizal.

BACA JUGA  Lomba Lintas Alam Telusur Perjuangan Harimau Kuranji Ditabuh Ketua DPRD Sumbar

Isrizal mengatakan, moderasi beragama merupakan program prioritas nasional Revolusi Mental dan Pembangunan Kebudayaan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN), pada saat ini mendapat perhatian serius dari Kementerian Agama. Peran strategis ini terkmaktub dalam kebijakan Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Nomor 7272 Tahun 2019 Tentang Pedoman Implementasi Moderasi Beragama Pada Pendidikan Islam.

Melalalui KMA 183 dan 184 Kemenag mendorong madrasah untuk melakukan beberapa langkah penguatan peserta didik melalui Guru. “Guru memiliki tiga hal penting yang harus disampaikan kepada peserta didik yaitu pentingnya pendidikan anti korupsi, pendidikan moderasi beragama dan pendidikan karakter, “ujar Isrizal.

Melalui KMA tersebut, madrasah diberikan ruang untuk berinovasi dalam peneguhan moderasi beragama dengan berbagai cara diantaranya,setiap guru mata pelajaran wajib menanamkan nilai moderasi beragama kepada peserta didik, penananam nilai ini bersifat hidden curriculum yang terwujud pada bentuk pembiasaan, dan pemberdayaan dalam harian peserta didik, implementasi penanaman nilai tersebut tidak harus tercantum dalam administarsi madrasah tetapi terealisasikan.

BACA JUGA  16 Tim Berlaga pada Turnamen Sepakbola Antar SMA se-Sumbar, Mahyeldi: Agar Lahir Bibit Baru

“Moderasi beragama merupakan sikap, cara pandang, mindset, cara berperilaku menjalankan agama dengan sifat tawassuth (tengah tengah), tawazun ( seimbang), dan sifat toleransi (menghargai hak hak orang lain),” ungkap Isrizal menjelaskan  Moderasi beragama menjadi hal penting yang harus diteguhkan pada peserta didik di madrasah. Pada prinsipnya tujuan moderasi beragama adalah kerukunan.

Comment