Pendidikan

Teaching Factory Bukti Keunggulan SMKN 1 Sumbar, Raimond: Segera Diresmikan 20 Desember

483
×

Teaching Factory Bukti Keunggulan SMKN 1 Sumbar, Raimond: Segera Diresmikan 20 Desember

Sebarkan artikel ini

 

PADANG–Meningkatkan kualitas sekolah kejuruan, SMKN 1 Sumbar membuat terobosan dengan menggandeng Auto 2000 Toyota mengusung program Teaching Factory (Tefa). Tefa ini tak terlepaskan untuk meningkatkan lulusan sekolah, sebagai sekolah kejuruan unggulan di Sumbar.

“Teaching Factory (Tefa) dibangun dengan anggaran DAK APBN melalui Kwmwndikbud senilai Rp 2,9 miliar, dibangun sejak Agustus 2020 dan tuntas pembangunanya pada Agustus 2020,” ujar Drs Risman Jondedwi, Sabtu (3/12/2021).

Kepala SMKN 1 Sumbar Risman Jondedwi

Dikatakan Risman, Tefa adalah suatu konsep pembelajaran di SMK berbasis industri, bisnis yang mengacu kepada standar dan prosedur yang berlaku di dunia industri dan bisnis dilaksanakan dalam suasana nyata seperti yang terjadi di industri/bisnis. Dan bertujuan agar siswa mendapatkan pembelajaran dengan standar dan suasana yang sama dengan di industri.

BACA JUGA  Kegiatan Pramuka untuk Pembangunan Manusia Seutuhnya¬†

Teaching factory merupakan sebuah konsep pembelajaran yang berorientasi pada produksi dan bisnis untuk menjawab tantangan perkembangan industri saat ini dan masa mendatang.

“Teaching factory adalah model (ruler model) pembelajaran yang membawa suasana industri ke sekolah sehingga sekolah bisa menghasilkan produk berkualitas industri,” ucap Risman.

Ditambahkan, dengan proses pembelajaran teaching factory, siswa dapat belajar dan menguasai keahlian atau keterampilan yang dilaksanakan berdasarkan prosedur dan standar kerja industri sesungguhnya.

Tefa ini merupakan salah satu bukti, SMKN 1 Sumbar sebagai sekolah teknik unggulan di Sumbar. Maka SMKN 1 Sumbar bekerja sama dengan pemegang merek otomotif yang telah terbranding selama ini, yakni Auto 2000 (PT Astra Internasional TSO) untuk program studi keahlian teknik otomotif kompetensi keahlian teknik kendaraan ringan otomotif. Hal ini juga untuk pelaksanaan pengembangan sekolah menengah kejuruan berbasis kompetensi yang link dan match dengan industri. Sehingga anak anak siswa SMKN 1 Sumbar bisa belajar sambil prarikum di Tefa tersebut.

BACA JUGA  Diksista Siswa Takhassus MAN 3¬† Padang, Edy Oktafiandi: Kembangkan Potensi Kebaikan Masa Depan

Comment