Lifestyle

Tak Bisa Diabaikan, Peran MC Dibalik Kesuksesan Helat MTQ Nasional

323
×

Tak Bisa Diabaikan, Peran MC Dibalik Kesuksesan Helat MTQ Nasional

Sebarkan artikel ini
Kasubag Acara dan Pelayanan Tamu Biro Umum Setdaprov Sumbar, Enim Yasmi bersama sejumlah MC pelaksanaan MTQ Nasional di Sumbar.ist

PADANG – Sumatera Barat telah sukses menggelar iven nasional Musbaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke XXVIII tahun 2020. Dibalik sukses kegiatan tersebut juga melibatkan banyak peran, baik langsung maupun tidak langsung.

Salah satunya adalah peran pembawa acara atau yang dikenal dengan Master of Cermony (MC). Keberadaan pembawa acara menjadi sangat vital dalam MTQ tersebut. Karena ada 12 venue yang memimpin acara setiap harinya. Sepanjang MTQ berlangsung dari tanggal 11 hingga 21 November 2020.

Kepala Biro Umum Setdaprov Sumbar, melalui Kasubag Acara dan Pelayanan Tamu, Enim Yasmi menyebutkan, Biro Umum telah mempersiapkan personel MC sejak awal. Bahkan, setiap personel yang akan menjadi MC harus mendapatkan pelatihan sebelumnya.

BACA JUGA  Tutup Pesantren Ramadhan, MAN 3 Padang Gelar Berbuka Puasa Bersama

“Kita harus memastikan mereka itu cakap dalam membawakan acara. Karena warna acara itu ditentukan oleh MC. MC itu perannya sangat besar. Apalagi ini adalah kegiatan yang dekat keagamaan, kita juga mempersiapkan tata bahasa dan penampilan yang tepat,”ungkap Enim yang sudah menjadi MC sejak tahun 2000 ini, Minggu, (22/11).

Dikatakannya, khusus untuk alek MTQ kali ini dirinya selaku Kasubag setiap pagi selalu memberikan arahan bagi MC. Sehingga koordinasi tetap jalan.

Diakuinya, sebagai MC yang sudah berpengalaman dan sering mengikuti diklat (pendidikan dan pelatihan) di tingkat Nasional dirinya tidak main-main dengan disiplin. “Tugas peran MC itu memastikan acara berlangsung on time, tepat waktu, sesuai dengan susunan atau rundown acara, mengenalkan dan menyanjung pengisi acara, dan menjadi komandan audiens layaknya koordinator penonton,”ungkapnya.

BACA JUGA  Lagi, Lantamal II Gelar Doa Bersama Mengenang Tenggelamnya KRI Nanggala 402 di Laut Bali

Menurutnya, MC adalah raja program . Ia bertanggung jawab memastikan acara berjalan waktu dan sesuai dengan urutan acara yang ditetapkan. Kendali acara di tangan MC. Ia bertanggung jawab untuk memastikan acara dimulai dan diakhiri tepat waktu. Jika pengisi acara belum datang, atau tamu istimewa yang ditunggu belum datang, jangan biarkan audiens menatap panggung kosong.

Untuk itu MC katanya, harus mampu menjaga antusiasme, gairah, dan kemeriahan suasana. Jangan biarkan penonton lesu. MC adalah pemimpin audiens. MC memberikan komando tepuk tangan dan apresiasi kepada pengisi acara. MC menjadi pemandu audiens, pembangkit antusiasme. Jika MC melakukannya dengan baik, maka audiens akan mengikuti komando untuk bereaksi dan menilai pengisi acara.

BACA JUGA  IPe Band Tampil Memukau di Konser "Tulus"

Comment