Lifestyle

Kebiasaan Merokok Pemicu Utama Ancaman Terserang Penyakit Paru

197
×

Kebiasaan Merokok Pemicu Utama Ancaman Terserang Penyakit Paru

Sebarkan artikel ini

PADANG — Penyakit Paru bisa menjadi ancaman bagi masyarakat Sumatera Barat (Sumbar), dikarenakan banyak masyarakat pada usia-usia produktif yang ketergantungan dengan rokok, sehingga sangat menganggu kesehatan dan produktivitas dalam beraktivitas.

“Ini merupakan suatu tantangan bagi dokter spesialis penyakit dalam bidang paru dan dokter lainnya yang masuk dalam Perhimpunan Respirologi Indonesia (Perpari),” kata gubernur Sumbar saat membuka Kongres Nasional (Konas) Perpari 2019 dan Padang Respiratory and Critical Care (PRCC) di Pangerans Beach Hotel, Sabtu (13/7/2019).

Acara ini dihadiri Ketua Umum DR. Dr. Arto Yuwono Soeroto, SpPD-KP, FINASIM, FCCP, Dekan Fakultas Kedokteran Unand, sejawat dokter dari berbagai rumah sakit, Kadinas Kesehatan Sumbar, dokter umum dan dokter spesialis penyakit dalam dari seluruh Indonesia yang diperkirakan hampir 300 peserta.

BACA JUGA  Anda Penggemar Kopi..? Ini Affogato Unik dari Bukittinggi

Gubernur Sumbar Irwan Prayitno menyampaikan, banyak hal yang bisa dilakukan untuk mencegah penyakit paru, salah satunya dengan mengurangi kebiasaan merokok. Apalagi diketahui kalau di Sumbar merupakan salah satu pengguna rokok aktif yang angkanya tinggi.

“Perokok aktif menjadi pemicu utama seseorang terserang penyakit paru, untuk itu kita harus merupaya selalu jaga kesehatan, bukankah mencegah itu lebih baik dari mengobati,” ungkap Irwan.

“Berhentilah merokok mulai dari sekarang, hargai orang yang disekitar kita, karena perokok pasif atau orang yang tidak pernah merokok ternyata juga berisiko untuk terkena kanker paru-paru,” ajak Irwan .

Selanjutnya gubernur memberikan apresiasi kegiatan tersebut, karena penyakit asma merupakan lima besar penyakit yang banyak diderita pasien di bagian Penyakit Dalam (diabetes, hipertensi, gagal ginjal, pneumonia dan asma), melalui simposium, kongres atau temu ilmiah ini pencegahan penyakit menular seperti paru dan TBC dapat teratasi.

BACA JUGA  Difasilitasi BWS Sumatera V, Durian Cimpago Hadir di Kota Padang

“Sehingga upaya untuk menurunkan prevalensi penyakit paru di Sumbar berjalan dengan baik. Selain peningkatan langkah kuratif, tentu saja sosialisasi tentang gaya hidup sehat harus terus kita tingkatkan,” papar Irwan.

Comment