Ekonomi

Sumbar Siapkan Beras 2.600 Ton Beras untuk Dampak Korona, Hanya Orang Miksin akan Menerima

182
×

Sumbar Siapkan Beras 2.600 Ton Beras untuk Dampak Korona, Hanya Orang Miksin akan Menerima

Sebarkan artikel ini
Wagub Sumbar Nasrul Abit saat memantau ketersediaan beras di gudang Bulog di Padang.ist

PADANG – Pemerintah Provinsi Sumatera Barat menyiapkan berbagai skema termasuk jika ancaman COVID-19 berlanjut. Bidang sosial dan ekonomi, juga menjadi salah satu fokus utama, selain terus berbenah untuk penanganan pasien suspect COVID-19.

Strategi jitu untuk mengatasi dampak sosial yang timbul akibat wabah COVID-19 ini pun kemudian dirumus dan dikemas sedemikian rupa. Tim Gugus Tugas Dampak Sosial dan Ekonomi dibentuk

Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit usai memimpin rapat pembentukan tim Gugus Tugas Dampak Sosial dan Ekonomi menyebutkan, jika gugus tugas ini dibentuk untuk mengantisipasi dampak sosial ekonomi yang timbul akibat COVID-19.

Tim dikepalai Asisten Dua ini akan menghitung skema perencanaan jika terjadi dampak sosial akibat wabah Corona. Sasaran utama yakni, masyarakat yang kehidupannya kurang mampu.

BACA JUGA  Sukses Tabungan Utsman, Wako dan BPRS Jam Gadang Kembali Borong Penghargaan Top Nasional

“Jadi tadi kita rapat dengan semua pihak yang bergerak di sektor ekonomi. Kita telah kumpulkan data dan dampak,” kata Nasrul Abit, Jumat 27 Maret 2020.

Saat ini jumlah warga yang berada di bawah garis kemiskinan berdasarkan data Dinas Sosial, 476 ribu. Sementara itu stok beras di Bulog dinyatakan cukup untuk tiga bulan kedepan dalam kondisi normal saat puasa dan lebaran. Saat pengecekan Sumbar memiliki cadangan 2600 ton, dari Pemprov 700 ton dan kabupaten kota 1.900 ton.

Untuk antisipasi wabah COVID-19 dibutuhkan tambahan tambahan dengan perkiraan 1000 ton.
“Seribu ton lagi. Itu akan kita beli, Rp 12 miliar,”ujar Nasrul Abit.

Secara teknis pada saatnya nanti akan dibagi sesuai standar orang kemiskinan. 300 gram perorang, perhari. Nanti, akan di drop kesemua 476 ribu warga kategori miskin.

BACA JUGA  Masa Pandemi Covid-19, Hanya 30 Persen Koperasi Gelar RAT

Untuk mewujudkan usulan itu kata Nasrul, tim gugus tugas ekonomi dan sosial menghitung seperti apa pola penganggaran dan saving yang dilakukan.

Sedangkan kegiatan Pemprov yang tidak akan bisa dilaksanakan akan dipangkas, seperti perjalanan dinas dan seminar. “Termasuk Bazar-bazar yang selama ini ada di masing-masing instansi, itu ditiadakan. Hanya satu bazar diadakan yaitu bazar di depan kantor gubernur. Jika musibah ini sudah selesai. Kalau tidak selesai, berarti tidak ada bazar,” tutup Nasrul Abit.

Comment