Pendidikan

Pahami Perawatan Diabetes Melitus

150
×

Pahami Perawatan Diabetes Melitus

Sebarkan artikel ini

PADANG — Pengetahuan untuk para penderita Diabetes Melitus (DM) dinilai masih perlu disosialisasikan. Ketua tim Program Pengabdian Masyarakat Universitas Negeri Padang (UNP) di Puskesmas Padusunan Pariaman, Ns. Aulia Asman, M.Biomed mengatakan upaya perawatan bagi penderita DM secara herbal dapat dilakukan dengan mempergunakan bahan alami, seperti Daun Sirih Merah. Meski demikian dia perlu juga dilakukan upaya lain, diantaranya diet dan senam ringan.

Menurut Aulia Asman, pemberian pengetahuan dilaksanakannya dalam kegiatan Penyuluhan Tentang DM, Pemeriksaan Pre Glukosa darah pada setiap masyarakat (Khususnya yang menderita Diabetes Melitus) yang berkunjung di Puskesmas Padusunan, Mendemonstrasikan Diet Makanan Pada Penderita Diabetes Melitus (DM), Senam Diabetes Melitus (DM), serta Perawatan Secara herbal Diabetes Melitus dengan mempergunakan bahan alami (Daun Sirih Merah).

Selanjutnya kata Aulia, untuk kelancaran sosialisasi DM ini, karena bagian dari
Tri Dharma UNP dalam hal Program Pengabdian Masyarakat pihaknya melibatkan 2 orang dosen lainnya yakni Ns. Debby Sinthania, S.Kep, M.Kep, dan Linda Marni, S.Pd, S.Kep, M.Mkes serta mahasiswa D3 Keperawatan UNP, yang telah berlangsung awal bulan Mei sampai Agustus 2019 .

“Darma “Pengabdian Kepada Masyarakat” oleh perguruan tinggi seringkali dikonotasikan sebagai suatu kegiatan pemberian bantuan dan pelayanan secara cuma-cuma kepada kelompok masyarakat yang lemah, tidak mampu secara ekonomis, dan berada dalam kondisi keterbelakangan. Konotasi semacam itu adalah akibat dari kesalahan dalam menafsirkan istilah “Pengabdian” terbatas sebagai suatu “Kegiatan Tanpa Pamrih”,” ujarnya saat diwawancarai wartawan, Sabtu (23/11)

BACA JUGA  Prof Dedi Hermon Lantik Ketua DM-PPAIR dan  HIMA Megister Pendidikan Geografi FIS UNP

Padahal, sambung Aulia kegiatan pemberian bantuan dan pelayanan tersebut hanya merupakan salah satu bentuk dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat oleh perguruan tinggi, dan tidak selalu harus dilakukan secara cuma-cuma.

Ns. Aulia Asman, M.Biomed menjelaskan dari koordinasi teknis dengan Kepala Puskesmas Padusunan Pariaman, Doni Paslah,SKM dengan anggota tim didapatkan peserta sebanyak 73 (tujuh puluh tiga) orang diantaranya PNS dan Tenaga Honorer. Dan selama kegiatan berlangsung para masyarakat di daerah wilayah kerja Padusunan kota Pariaman itu diberikan pengetahuan tentang fungsi dan manfaat serta perkembangan gerak dasar bagi Masyarakat dengan DM (Diabetes Melitus).
Bahkan dikatakan Aulia, yang sehari-harinya dosen D3 Keperawatan UNP itu, sebanyak 73 org pegawai Puskesmas Padusunan Pariaman ikut serta langsung diarahkan dapat perawatan diabetes Mellitus di komunitas wilayah kerja Puskesmas Padusunan Pariaman. (*/rjk)

BACA JUGA  Belasan Kafilah MTsN 1  Telah Unjuk Kemampuan di MTQ Nasional ke-40 Tingkat Kota Padang

Comment