Pendidikan

Gubernur Irwan Prayitno jadi Penguji Sidang Program Doktor Weni Yulastri di UNP 

144
×

Gubernur Irwan Prayitno jadi Penguji Sidang Program Doktor Weni Yulastri di UNP 

Sebarkan artikel ini

PADANG — Gubernur Sumatera Barat Prof Dr H  Irwan Prayitno SPsi MSc menjadi penguji eksternal pada ujian terbuka program doktor Weni Yulastri, S.Pd, M.Pd di gedung Pascasarjana Universitas Negeri Padang (UNP), Kamis (29/8/2019).

Keikutsertaan gubernur jadi promotor eksternal karena penelitian Weni Yulastri, terkait dengan kebijakan dalam program Studi Ilmu Pendidikan di Sumatera Barat yang berjudul “Pembinaan akhlak mulia siswa dalam kegiatan mentoring” (Studi Kasus di SMP Perguruan Arrisalah Kota Padang).

Dalam disertasinya, Weni Yulastri memaparkan bagaimana pembinaan akhlak bagi siswa SMP pada studi kasus di SMP Perguruan Arrisalah Kota Padang. Ia menjelaskan, akhlak mulia juga merupakan salah satu tujuan pendidikan di Indonesia. Agar manusia memiliki akhlak mulia, maka perlu adanya pembinaan akhlak mulia khususnya bagi remaja. Di era modern ini banyak sekali penyimpangan yang terjadi di kalangan remaja.

BACA JUGA  Ambil Bagian Dalam Lomba MGBK, MTsN 1 Padang Raih Harapan II

Hal ini dikarenakan kurangnya kesadaran peserta didik dan juga lembaga pendidikan dalam membina akhlak peserta didik. Untuk meminimalisir terjadinya krisis akhlak pada remaja maka peneliti melakukan penelitian program pembinaan akhlak pada salah satu lembaga pendidikan yaitu di SMP Perguruan Arrisalah.

Lanjut Weni menerangkan, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara sekolah ini membina akhlak mulia siswa ke arah yang lebih baik. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dan metode deskriptif dengan teknik pengumpulan data yaitu wawancara, observasi, dan studi dokumentasi.

Irwan Prayitno diberi kesempatan pertama untuk memberikan pertanyaan untuk mendalami tentang disertasi Weni Yulastri yang dilupa disertai pantun untuk mengawali pertanyaan dan diakhir pertanyaan.

BACA JUGA  UNP Bakal Buka D3 Kuliner Minang Tahun Depan

Namun saat menjadi penguji, Irwan meminta saat ini dia hadir bukan sebagai gubernur. Melainkan sebagai dengan penguji lainnya yakni sebagai akademisi.

“Saya datang ke sini bukan dalam kapasitas sebagai gubernur, jadi tak perlu khawatir dan sungkan, apabila saya bertanya nantinya, jawab apa saja terkait dengan disertasinya, saya akan lebih suka itu, karena ini menyangkut pendidikan akhlak siswa,” tanya  Irwan.

Comment