Peristiwa

Nasrul Abit harap Penanganan Bencana Kebakaran Harusnya jadi Kewenangan BNPB

113
×

Nasrul Abit harap Penanganan Bencana Kebakaran Harusnya jadi Kewenangan BNPB

Sebarkan artikel ini
Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit

PADANG – Berulangnya kebakaran melanda pasar di Sumatera Barat, membuat Wakil Gubrnur Sumbar Nasrul Abit mendorong penanganan kebakaran berada di bawah kewenangan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). Sama halnya penanganan bencana kebakaran hutan dan lahan.

Dikatakannya, jika penanganan kebakaran rumah dan pasar menjadi kewenangan BNPB penangannya akan lebih cepat. Termasuk bantuan-bantuan logistik juga tersedia lebih banyak di BNPB.

Selama ini, penanganan bencana kebakaran rumah masyarakat dan pasar masih berada di bawah Kementrian Dalam Negeri. Sehingga porsi bantuan yang diberikan juga terbatas sesuai bantuan hibah. Begitu juga penanganan pasca kebakaran, selama ini masyarakat yang terdampak hanya menanggung sendiri kerugian.

BACA JUGA  Ini Empat Aksi Demo Wartawan yang Solid di Sumbar

Terkait dengan usulan itu, Nasrul Abit sudah menyampaikan langsung ketika kunjungan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Doni Monardo beberapa hari lalu ke Sumbar, bahwa seharusnya kebakaran seperti rumah dan pasar semestinya menjadi ranah BNPB. Karena, saat ini kewenangan itu berada di Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

“Misalkan ada kebakaran pasar, hanguskan 100 toko disana, jika BNPB yang terjun maka penanganan akan maksimal dari penanganan dan bantuannya, jika satu tangan saja dan akan memudahkan koordinasi ke pusat,” katanya Jumat (12/7/2019).

Baru-baru ini, Pasar Lubuk Alung, Padang Pariaman, ratusan kios warga hangus jadi abu.

Kejadian sekira pukul 21.00 Wib, Kamis (11/7/2019) menyisakan miliaran kerugian. Puluhan mobil pemadam yang tiba dari daerah tetangga, seperti Agam, Bukittinggi, Tanah Datar, Kota Pariaman dan pemadam Padang Pariaman sendiri berjibaku menjinakkan besarnya kobaran api yang menjalar hampir ke semua kedai dalam pasar tersebut. (Bdr)

BACA JUGA  Hujan Disertai Angin Kencang, Rubuhkan Pohon dan Tiang Listrik di Agam

Comment