Pendidikan

1.099 Qari-qariah Tampil pada MTQ Tingkat Provinsi Sumbar di Solok

206
×

1.099 Qari-qariah Tampil pada MTQ Tingkat Provinsi Sumbar di Solok

Sebarkan artikel ini
Gubernur Irwan Prayitno menerima bendera pataka penetapan Sumbar menjadi tuan rumah MTQ 2020 tingkat nasional di Medan.ist

PADANG – Sebanyak 1.099 Qari-qariah siap berlomba mengikuti Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Nasional tingkat Sumbar ke 38 di Kota Solok. Jumlah itu mewakili kabupaten dan kota di Sumbar.

Pada MTQ tingkat provinsi kali ini, Pemprov Sumbar komit dengan tranparansi nilai. Terutama dalam pengumuman hasil dan pendaftaran peserta.

Adapun pembukaan akan dilaksanakan hari ini, Sabtu (15/6/2019) sekitar jam 8 malam di Lapangan Merdeka yang direncanakan dibuka oleh Dirjen Bina Islam Kementerian Agama Republik Indonesia.

“Kita tetap menggunakan e-MTQ, karena itu sudah tuntutan saat ini,”sebut Kepala Biro Bina Mental dan Kesra Sekretariat Daerah Provinsi Sumbar, Syaifullah, Jumat (14/6/2019).

MTQ ke 38 Kota Solok ini memperlombakan 14 Cabang, diantaranya Tilawah, Qira’at Alquran, Tahfiz, Tilawah, Tafsir, Tartil, M2IQ, dan Qasidah, ke 14 cabang itu terdiri dari berapa kategori dibawahnya.

BACA JUGA  Tampung Keluhan Siswa SMKN Kesehatan Akabiluru, Mahyeldi: Tahun Ini Kita Bangun

Sedangkan, untuk tempat perlombaan untuk berapa cabang itu terbagi di 17 tempat yang berada disekitaran Kota Solok, antaranya di Masjid Agung Al Muhsinin, Gedung Kubung Tigo Baleh, Masjid Syukur Simpang Rumbio, Masjid Iqrar IX Korong, Masjid Syura Pandan, Masjid Nurul Hidayan Banda Pandua, Masjid Nurul Imam Asrama XII, MAN Kota Solok, MTSN Kota Solok, Masjid Nurul Huda Tembok, Masjid Baitul Mukmin Taluak Laing, GOR Tanjuang Paku, Masjid Qadarul Yakin Kampung Jawa dan lainnya.

“Untuk penyelengaraan MTQ nanti akan diselengarakan dari tanggal 15 hingga 21 Juni 2019. Namun, Jumat (14/6) sudah ada rangkaian acara yang telah dimulai, yakni penyambutan kafilah, penyambutan piala bergilir, pendaftaran ulang kafilah dan pelantikan dewan hakim sebanyak 224 orang dari provinsi maupun nasional,” katanya.

BACA JUGA  Bidik Adiwiyata Sumbar, Kepala MTsN 1 Padang Libatkan Segenap Warga Madrasah

Sambungnya, kegiatan MTQ ini merupakan agenda nasional, maka diharapkan kegiatan MTQ dengan tuan rumah Kota Solok berjalan dengan sukses serta melahirkan kafilah yang terbaik.

“Jadi, MTQ ini sebagai penunjang kita untuk melahirkan kafilah terbaik yang nanti akan diseleksi guna diikutsertakan dalam mewakili Sumbar ditingkat nasional,” pungkasnya.

Comment