Politik

Wakil Ketua DPRD Padangpariaman , Aprinaldi: Jadikan Pemuda Lokomotif Politik

19
×

Wakil Ketua DPRD Padangpariaman , Aprinaldi: Jadikan Pemuda Lokomotif Politik

Sebarkan artikel ini

PARIAMAN — Dalam era globalisasi dan teknologi informasi, pemuda memiliki akses lebih besar terhadap informasi. Terlibat dalam politik memungkinkan mereka merespons tantangan zaman, seperti isu lingkungan, hak asasi manusia, dan ketidaksetaraan.

Tantangan utama pemuda dalam politik dapat meningkatkan kredibilitas institusi politik secara keseluruhan. Dengan demikian, pemuda tidak hanya menerima, tetapi juga memberikan tanggapan terhadap isu-isu kritis.

Wakil Ketua DPRD Kabupaten Padang Pariaman, Aprinaldi, SPd,MPd, AIFO mengatakan peran pemuda dalam politik bukan hanya tentang menjadi suara, tetapi juga tentang terlibat langsung dalam pengambilan keputusan. Pemuda harus memiliki tempat duduk di meja pembuat kebijakan, memastikan bahwa perspektif mereka diakui dan diintegrasikan dalam proses pengambilan keputusan.

BACA JUGA  Usai Antarkan Syarat Dukungan KTP ke KPU, Fakhrizal Jumatan di Masjid Raya Al-Azhar

“Saya kira yang dukungan pemerintah, lembaga pendidikan dan masyarakat untuk merangsang peran aktif pemuda perlu ditingkatkan sehingga mendorong pemuda berkontribusi secara positif dalam ranah politik,” ujarnya saat diwawancarai wartawan media ini, Kamis (6/6/2024).

Politisi PAN, Aprinaldi juga menambahkan dengan adanya keterlibatan Pemuda sebagai kelompok signifikan dalam populasi perlu diwakili secara adil dalam pengambilan keputusan politik agar aspirasi mereka dapat tercermin dalam kebijakan negara.

“Terlibat dalam politik memberikan kesempatan kepada pemuda untuk memahami secara mendalam tentang sistem politik, hukum dan proses pembuatan keputusan. Pendidikan politik yang diperoleh akan memungkinkan mereka membuat keputusan yang rasional,” jelasnya.

Aprinaldi menambahkan keterlibatan pemuda dalam politik memungkinkan mereka mengekspresikan ide dan pandangan mereka untuk menciptakan solusi yang relevan dengan konteks zaman.

BACA JUGA  Sholat Idul Fitri di Masjid Baiturahman Ampalu, Ali Amran Abbas sebut Bencana Banjir jadi Bahan Evaluasi Bersama

“Partisipasi pemuda dalam politik dapat meningkatkan kredibilitas institusi politik secara keseluruhan. Dengan demikian, pemuda tidak hanya menerima, tetapi juga memberikan tanggapan terhadap isu-isu kritis,” pungkasnya

Pada kesempatan tersebut, Aprinaldi yang juga akan ikuti kontestasi Pilkada Padang Pariaman 2024 mereview dua sejarah yang berkaitan dengan pemuda yakni lahirnya Sumpah Pemuda pada 28 Oktober tahun 1928 dan 16 Agustus 1945, pemuda Indonesia membawa Soekarno-Hatta ke Rengasdengklok untuk mendesak Kemerdekaan Bangsa Indonesia. (drd)

Comment