PeristiwaSumatera Barat

Waspada..! Ada Ancaman Banjir Bandang Susulan di Agam

142
×

Waspada..! Ada Ancaman Banjir Bandang Susulan di Agam

Sebarkan artikel ini
Sekdaprov Sumbar, Hansastri, didampingi Kepala Dinas Kominfotik Sumbar, Siti Aisyah dan sejumlah perwakilan OPD lingkup Pemprov Sumbar, memberikan keterangan pers, Kamis (16/5).Ist

PADANG – Pemerintah Provinsi Sumatera Barat melalui Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air (PSDA) mengingatkan masyarakat Pandai Sikek, Kabupaten Agam waspada banjir bandang susulan. Karena terdapat sejumlah material tanah dan lumpur yang masih menumpuk dalam jumlah besar bisa turun seketika.

“Hasil dari pantauan drone kita Bersama Balai Wilayah Sungai Sumatera V, ada hamparan material lumpur yang belum turun,”sebut Kepala UPTD PSDA Wilayah Utara Hendry Yuliandra, Kamis (16/5) di Padang.

Hal itu disampaikannya saat jumpa pers yang digelar Dinas Komunikasi dan Informasi Sumbar. Laporan jumpa pers tersebut dipimpin Sekdaprov Sumbar, Hansastri, didampingi Kepala Dinas Kominfotik Sumbar, Siti Aisyah dan sejumlah perwakilan OPD lingkup Pemprov Sumbar.

BACA JUGA  Awan Panas Guguran Gunung Semeru Berdampak pada Masyarakat

Dikatakannya, posisi lumpur tersebut berada sekitar 3 kilometer di atas pemukiman penduduk terdekat. Yakni di Jorong Pagu-Pagu, Kenagarian Pandai Sikek.

“Jaraknya sekitar 3 kilo ke hulu, ini masyarakat sudah diingatkan. Alat berat juga tidak bisa naik, karena daerahnya pada kecuraman yang tajam,”ujarnya.

Disebutkannya, sungai yang akan dilalui oleh material itu nantinya juga bermuara pada Batang Anai. Dengan itu maka potensi banjir bandang melewati Lembah Anai bisa Kembali terjadi.

“Ini muaranya juga Batang Anai, kalua material itu disiram hujan lebat, bisa banjiar bandang lagi,”ungkapnya.(Bdr)

Comment