Budaya

Hendri Septa Dilewakan Gelar Dt Alam Batuah, Penghulu Suku Caniago Sumagek Nagari Nan XX

156
×

Hendri Septa Dilewakan Gelar Dt Alam Batuah, Penghulu Suku Caniago Sumagek Nagari Nan XX

Sebarkan artikel ini

PADANG-Hendri Septa yang juga Walikota Padang dilewakan gelar Datuk Alam Batuah, pemangku adat Penghulu Suku Caniago Sumagek Nagari Nan XX Lubuk Begalung Kota Padang, Sabtu (4/5/2024). Baralek batagak penghulu ini dimeriahkan dengan tradisi makan Bajamba di kediaman orang tua Hendri Septa jalan Kismangunsakoro Kelurahan Jati baru Kecamatan Padang Timur.

Sembari duduk bersila mengelilingi seluruh sudut rumah, para ninik mamak bajinih dengan khidmat mengikuti prosesi pelewaan penghulu Wali Kota Padang secara adat.

Mamak Kapalo Warih (MKW) Kaum Hendri Septa, Delfian Sari Marajo mengatakan, kegiatan ini diramaikam
dengan berbalas pantun, pepatah adat, ujung dan pangkal, hingga penyampaian falsafah adat menjadi bagian tak terpisahkan dalam acara makan bajamba batagak penghulu tersebut.

BACA JUGA  Melayat Azwar Anas, Buya Syafri Sampaikan Belasungkawa dari Tarbiyah Islamiyah

“Kegiatan ini merupakan bagian dari pasambahan adat makan Bajamba Batagak Pangulu, yakni penghormatan yang diberikan kepada tetua, petinggi adat dan seluruh anggota suku dan tamu undangan yang telah hadir pada acara batagak penghulu, yang merupakan pemangku adat suku Chaniago Sumagek Nan XX. Yang juga bagian dari mamangan adat, Batagak Penghulu sepakat suku, Maangkek Rajo sepakat alam, “ujar Delfian.

Dikatakan, di sela – sela kegiatan, warisan tradisi makan bajamba disuguhkan dengan tradisi adat di rantau. Sehingga aroma makanan turut menggugah semangat para tetua adat. Aroma ini mengingatkan pada keelokan warisan leluhur tentang kebersamaan dalam memadu mufakat melalui musyawarah.

Pelewaan gelar pusaka adat kepada Hendri Septa ditandai dengan diterima saluak dari Mamak Kapalo Warih (MKW) Suku Chaniago Sumagek Nan XX Delfian Sari Marajo kepada Ketua KAN Nan XX dan dilanjutkan dengan pemasangan saluak yang menandakan Hendri Septa sebagai anak Nagari Nan XX Lubuk Begalung resmi menyandang gelar adat Datuk Alam Batuah yang di Jalan Aru Lubuk Begalung, Jumat (3/5/2024).

BACA JUGA  Safari Ramadhan di Masjid Raya Lubuk Pandan, Gubernur Mahyeldi Ingatkan Pemuda akan Bahaya Narkoba

Pemberian gelar ini sebagai bentuk apresiasi dari KAN Nan Duo Puluah kepada Hendri Septa sebagai Wali Kota Padang sekaligus anak Nagari Nan Duo Puluah, Kecamatan Lubuk Begalung serta inovasi lainnya yang dirasakan masyarakat seperti muatan lokal Keminangkabauan yang diterapkan pada kurikulum lokal pendidikan di Kota Padang.

Comment