Peristiwa

DPRD Bukittinggi Lakukan Evaluasi Kinerja Pemerintah Daerah Tahun 2023

92
×

DPRD Bukittinggi Lakukan Evaluasi Kinerja Pemerintah Daerah Tahun 2023

Sebarkan artikel ini

BUKITTINGGI — DPRD Kota Bukittinggi sampaikan rekomendasi atas Laporan Keterangan Pertanggungjawaban Wali Kota tahun anggaran 2023. Rekomendasi itu, disampaikan dalam rapat paripurnda DPRD Bukittinggi, di Gedung DPRD, Senin (22/04/2024).

Ketua DPRD Bukittinggi, Beny Yusrial, menyampaikan, berdasarkan dokumen Laporan Keterangan Pertanggungjawaban Kepala Daerah yang disampaikan oleh Wali Kota beberapa waktu lalu, DPRD Kota Bukittinggi telah melakukan pembahasan dalam rangka melaksanakan fungsi pengawasan DPRD mengevaluasi secara menyeluruh terhadap kinerja Pemerintah Daerah selama kurun waktu satu tahun anggaran, untuk mengetahui apakah kinerjanya telah sesuai dengan standar dan kriteria yang telah ditetapkan, yang tertuang dalam Rencana Kerja Pemerintah Daerah dan Rencana Kerja Satuan Kerja Perangkat Daerah (RKPD dan Renja SKPD).

Evaluasi kinerja tersebut, ulasnya,dilakukan dalam rangka proses umpan balik atas kinerja tahun yang lalu guna mendorong adanya produktivitas dan perbaikan penyelenggaraan Pemerintahan Daerah di masa yang akan datang.

“DPRD Kota Bukittinggi memberikan catatan -catatan dan rekomendasi sebagai bahan perbaikan bagi Satuan Kerja Perangkat Daerah dalam rangka penyempurnaan penyelenggaraan Pemerintah Kota Bukittinggi di masa yang akan datang,” jelasnya.

Anggota DPRD Bukittinggi, Asril, SE, selaku Juru bicara DPRD Bukittinggi, memaparkan, Pendapatan Daerah berdasarkan informasi dari LKPJ Wali Kota Bukittinggi realisasi Pendapatan Daerah sebesar 96,36% atau Rp,706.975. 454.172,65 dari anggaran sebesar Rp.733.692.996. 334,00. Secara total realisasi pendapatan daerah tahun 2023 cukup bagus dan apresiasi untuk segenap aparatur Pemerintah Daerah, namun masih terdapat realisasi pendapatan daerah yang masih jauh dari target yang diharapkan.

BACA JUGA  Atasi Lahar Dingin Marapi, Presiden Jokowi Perintahkan Mentri PUPR Bangun 6 Sabo Dam Tahun Ini

Belanja Daerah tahun anggaran 2023 yang dapat direaliasikan sebesar Rp.751.239.962.696,31 dari anggaran sebesar Rp.811.015.184.022,00 atau sebesar 92,63%. Nilai realisasi yang cukup bagus menjadi salah satu indikasi umum bahwa perencanaan program dan kegiatan telah disusun dengan baik dan realistis.

Comment