EkonomiPariwisataSumatera Barat

Keripik Sanjai Tetap Jadi Primadona di Bukittinggi Selama Lebaran 1445H

762
×

Keripik Sanjai Tetap Jadi Primadona di Bukittinggi Selama Lebaran 1445H

Sebarkan artikel ini

BUKITTIGGI – Keripik Sanjai merupakan oleh-oleh khas kota Bukittinggi yang tak tergantikan di Provinsi Sumatera Barat, setidaknya lebaran idul fitri 1445H ini, ribuan pengunjung dari berbagai daerah memadati kawasan disamping pasar atas yang dijadikan spot untuk berjualan keripik sanjai.

Berlokasi tepat di jantung kota kelahiran Bung Hatta itu, pengunjung tidak saja menikmati hawa sejuk taman pendestrian jam gadang, panorama alam nan indah, namun juga memanjakan selera dengan berbagai macam kuliner daerah itu.

“Ya..!! Tidak ada salahnya mencoba aneka kuliner khasnya” Selain nasi kapau, sate, itiak lado hijau yang telah populer, Bukittinggi juga memiliki keripik sanjai yang khas dan Nikmat.

BACA JUGA  67 Pengusaha Randang Siap Kolaborasi Langsung dengan Petani

Meski begitu, ketika pulang dari Kota Bukittinggi, kebanyakan wisatawan sering kali terkena virus pertanyaan yang sama: “Ada sanjai?” Tak heran, sanjai, sebagai simbol Kota Jam Gadang, telah merajai hati dan lidah pecinta kuliner.

“Sanjai begitu memanjakan lidah dan selera, tak ada yang bisa menggantikannya,” ujar ibu Hasmi,  dari Bengkulu sambil berburu keripik Sanjai di pasar atas Bukittinggi.

Meskipun sanjai kini mudah ditemukan di luar kota, namun bagi para penikmatnya, sanjai asli Bukittinggi tetap menjadi pilihan utama.

“Meski hanya singkong dengan bumbu cabe dan sedikit gula, rasanya tak tertandingi,” tambahnya sembari menikmati keripik Sanjai balado Esi 212.

Pedagang seperti ibu Yesi di blok sanjai pasar atas Bukittinggi juga setuju, sanjai adalah kenikmatan yang tak tergantikan.

BACA JUGA  Sertifikat Sedang Diprosess BKIPM, Padang Akan Ekspor Ikan Gariang ke Malaysia

Dibuat dari singkong, karupuak sanjai hadir dalam tiga varian: tawar, asin, dan balado. Namun, karupuak balado menjadi favorit utama karena cita rasanya yang unik, pedas manis yang memikat.

Kepada pembeli ibu Yesi juga menawarkan jasa pengiriman (cargo), jika wisatawan kembali ingin mencoba sanjai nantinya. Ia menjelaskan alamat usahanya kepada setiap individu yang berbelanja. “Sanjai Esi 212 Pasar Atas Bukittinggi, menerima pengiriman dalam dan luar daerah, HP: 0812 5380 2057 – 0812 7030 9139,” kata buk Yesi.

Comment