Peristiwa

Solsel Tanggap Darurat Bencana, Tim Siaga di Posko Komando

103
×

Solsel Tanggap Darurat Bencana, Tim Siaga di Posko Komando

Sebarkan artikel ini

SOLOK SELATAN – Banyaknya bencana alam yang disebabkan karena kondisi cuaca ekstrem di Kabupaten Solok Selatan menyebabkan banyak kerugian pada masyarakat, ini berupa kerugian materil maupun immaterial.

Untuk itu pemerintah Kabupaten Solok Selatan mulai melakukan kegiatan Tanggap Darurat Bencana Alam. Penetapan ini berdasarkan Surat Pernyataan Bencana Alam Nomor 360/13/PBA-SS/I-2024 yang ditanda tangani Bupati Solok Selatan H Khairunas.

Badan Penanggulangan Bencana Alam (BPBD) Solok Selatan telah mendirikan Pos Komando Tanggap Darurat Bencana Alam Banjir dan Longsor di Kabupaten itu. Posko ini berlokasi di Kawasan Perkantoran Pemerintah Daerah di Padang Aro.

Pos Komando tersebut akan beroperasi mulai 14 Januari 2024 hingga 27 Januari 2024. Pembentukannya berdasar pada SK Bupati Solok Selatan Nomor 360.27-2024 Tentang Pembentukan Pos Komando Tanggap Darurat Bencana Alam Banjir dan Longsor di Kabupaten Solok Selatan.

BACA JUGA  Hujan Lebat dan Angin Kencang, 1 Orang Meninggal 3 Luka-Luka di Padang Pariaman

“BPBD sudah mendirikan dan mengoperasikan Pos Komando yang berlokasi di kantor BPBD di pusat perkantoran Pemerintah Daerah. Pos ini nantinya akan beroperasi sesuai dengan jadwal yang ditentukan atau selama status tanggap darurat masih berlaku,”ujar Kepala pelaksana BPBD Solok Selatan Novi Hendrix, Kamis (18/01/2024).

Adanya Pos Komando ini menandakan Tanggap Darurat Bencana untuk kabupaten ini. Pada pos ini dilakukan aktivitas seperti pusat informasi bencana, penerimaan dan penyaluran bantuan.

Adapun bencana alam yang terjadi di Solok Selatan ini seperti meluapnya aliran sungai, seperti Batang Suliti, Sungai Anak Lolo, Batang Sungai Rambun, Batang Sungai Kapur, Batang Bangko, Batang Lolo, dan Sungai Batang Kumengkiang.

Kondisi yang sama juga terjadi pada Batang Liki, Batang Sangir, Sungai Batang Hari, dan Batang Talantam.

BACA JUGA  Tampung Saran Mubalig, Nasrul Abit bakal Seragamkan Progam Pesantren Ramadan

“Selain meluapnya sejumlah sungai, juga terjadi longsor di sejumlah titik di Solok Selatan. Kondisi ini menyebabkan terjadinya kerusakan pada saluran irigasi, pengaman parit sungai, tebing pengaman sungai, jalan, jembatan, rumah warga, dan fasilitas umum lainnya,” katanya. (Afn/rel)

Comment