Pendidikan

Smardex MAN 3 Padang Diapresiasi, Lahirkan SDM yang Berdaya Saing

818
×

Smardex MAN 3 Padang Diapresiasi, Lahirkan SDM yang Berdaya Saing

Sebarkan artikel ini

PADANG-MAN 3 Padang Gelar Smadex 2 Competition tingkat SMP dan MTS se Sumbar dengan mengusung tema Kompetisi Sehat untuk insan Bermartabat, 19-20 Januari 2024. Smadex yang melibatkan 300 peserta ini dibuka Kakan Kemenag Padang Edy Oktafiandi.

Kepala MAN 3 Padang Afrizal mengatakan, melaksanakan kegiatan ini madrasah mengusung motto berangkat dari nol untuk tujuan yang mulia. MAN 3 Padang terdiri dari lima puluh lebih kurang 300 siswa, dengan tiga jurusan, yakni IPA, IPS dan Keagamaan.

Kabid Penjaiminan Mutu Pendidikan Disdikbud Padang Indriyedy Bakri

“Apapun, hasil dari peserta Smadex ini merupakan hasil yang murni, bukan neko – neko dan hasil penilaiannya ditayangkan langsung. Dan Smadex ke-2 ini diikuti 300 peserta yang terdiri dari SMP dna MTsN se Sumbar, dengan 8 muatan lomba,” ujar Afrizal. .

BACA JUGA  Leonardy Harmainy Ajak Siapkan Generasi Masa Depan yang Lebih Baik

Afrizal harapkan, kepada kepala madrasah dan sekolah sebagai peserta jangan berorientasi kemenangan saja dalam mengikuti lomba. Tapi, idealnya peserta mengikuti semua proses lomba yang ada dalam lomba. Sebab, proses itu sangat bernilai manfaat terhadap siswa peserta.

Di antaranya, pengalaman, kreativitas, inovatif, wawasan, beradaptasi dengan dengan kondisi lomba dan sebagainya. Di mana proses ini merupaan hal yang tidak bisa diabaikan seorang siswa dalam mengikuti lomba. Dan proses iru tak akan mengkhianati hasil. Sedangkan, kemenangan (juara) adalah sebuah bonus . Di mana bonus itu hasil kerja keras dari mengikuti semua proses lomba.
“Sebab, jika ingin kemenangan terus, maka ada baiknya, bikin lomba sendiri, nilai sendiri, beli tropi sendiri,” ujar Afrizal.

BACA JUGA  44 Mahasiswa Dalam dan Luar Negeri Ikuti Program MAGENTA Semen Padang 2024, Ini Nama-namanya

Kemudian, dari berbagai kegiatan yang dilaksanakan MAN 3 Padang tak telepas dari dukungan dan suport dari Kemenag Padang maupun daripada Kanwil Kemenag Sumbar.

Kakan Kemenag Padang Edy Oktafiandi mengapresiasi, MAN 3 Padang dikomandoi pimpinan yang inovatif dan Inspiratif. “Hal ini terbukti dengan berbagai inovatif dan kreatif, dengan menggelar berbagai kegiatan, baik sekarang maupun sebelumnya,” ucap Edy.

Comment