Ekonomi

Tingkatkan Lingkungan Bersih dan Aman, Semen Padang Gelar Genba Genbutsu

330
×

Tingkatkan Lingkungan Bersih dan Aman, Semen Padang Gelar Genba Genbutsu

Sebarkan artikel ini
FOTO: Direktur Operasi PT Semen Padang Indrieffouny Indra memberikan arahan kepada karyawan pada kegiatan Genba Genbutsu yang digelar di Cement Mill Indarung IV, Jumat (3/11/2023).Ist

PADANG – Dalam rangka meningkatkan lingkungan pabrik yang semakin bersih PT Semen Padang menggelar Genba Genbutsu di Cement Mill Indarung IV, Jumat (3/11).

Kegiatan itu berkonsep , rapi dan tertata sesuai dengan konsep 5P (Pemilahan, Penataan, Pembersihan, Pembiasaan, Pendisiplinan) di lingkungan pabrik.

Direktur Operasi PT Semen Padang Indrieffouny Indra mengatakan bahwa Genba Genbutsu ini merupakan kegiatan rutin yang digelar perusahaan dalam rangka meningkatkan lingkungan yang bersih. Kegiatan ini juga bagian dari upaya perusahaan untuk menciptakan lingkungan kerja yang semakin aman bagi pekerja.

“Genba Genbutsu ini bagian dari pilar Total Productive Maintenance (TPM). Tujuannya, di samping untuk meningkatkan konsep 5P, juga untuk melihat bagaimana penerapan safety di area-area kerja. Baik itu kondisi tidak aman, maupun tindakan tidak aman,” kata Indrieffouny disela-sela Genba Genbutsu di Cement Mill Indarung IV.

BACA JUGA  Turunkan Stunting, Semen Padang Bersama IIP BUMN Sumbar dan FKIK-SP Berkolaborasi di Labuah Panjang

Jika ditemukan kondisi abnormalitas, katanya melanjutkan, maka akan langsung diselesaikan agar tidak terjadi masalah kemudian hari. Sehingga pabrik pun akan beroperasi lebih lancar, performance rate pun juga naik, dan produksi menjadi lebih besar.

“Secara keselurahan, output dari kegiatan ini akan membuat cost produksi menjadi lebih rendah,” ujarnya.

Senior Manager TPM Zulkarnaen menyampaikan bahwa Genba Genbutsu adalah istilah yang berasal dari bahasa Jepang. Genba artinya lokasi sebenarnya, dan Genbutsu artinya pergi untuk melihat kejadian.

“Jadi, Genba Genbutsu ini semacam inpeksi ke unit kerja,” katanya. (Bdr)

Comment