Nasional

Kampanyekan Anti Korupsi, Bus KPK Roadshow di Sumbar

258
×

Kampanyekan Anti Korupsi, Bus KPK Roadshow di Sumbar

Sebarkan artikel ini
Gubernur Mahyeldi saat menghadiri pembukaan agenda Roadshow Bus KPK Tahun 2023 di Sumbar, Kamis (12/10/2023).Ist

PADANG – Bus Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Roadshow di Sumbar. Kegiatan itu bertujuan mensosialisasikan anti korupsi pada masyarakat.

Deputi Bidang Pendidikan dan Peran Serta Masyarakat KPK RI, Wawan Wardiana menjelaskan, Roadshow Bus KPK sendiri telah berjalan sejak 5 Oktober dan direncanakan berakhir 15 Oktober 2023 mendatang.

Kegiatan tersebut mengsunng tema ‘Jelajah Negeri Bangun Anti Korupsi’ ini diisi dengan berbagai rangkaian acara edukasi dan kampanye antikorupsi, dan mengikutsertakan seluruh lapisan masyarakat, mulai dari legislatif/anggota DPRD, ASN, hingga pelajar dan mahasiswa di Sumbar.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada Pemprov Sumbar yang telah memberikan dukungan, dan bersedia bersama-sama KPK dalam memperkenalkan berbagai kegiatan selama Roadshow Jelajah Negeri Anti Korupsi 2023 ini berlangsung,” ucap Wawan.

BACA JUGA  Diumumkan Presiden Jokowi, Sejumlah Daerah Turun Level PPKM

Dalam Roadshow Jelajah Negeri Anti Korupsi 2023 ini, sambungnya, KPK memperkenalkan bagaimana KPK membangun kesadaran masyarakat terhadap pemberantasan tindak korupsi. Melakukan tiga pendekatan pemberantasan tindak korupsi, yaitu lewat pendekatan penindakan, pencegahan, dan pendidikan.

“Penindakan dilakukan agar timbul efek jera melakukan tindak korupsi. Pendekatan pencegahan dilakukan dengan cara memperbaiki sistem yang ada agar jauh dari potensi prilaku tindakan korupsi. Ada pun pendekatan pendidikan berupa usaha-usaha menanamkan nilai-nilai antikorupsi, meningkatkan kesadaran masyarakat tentang bahaya korupsi, serta mendorong masyarakat dalam mendukung gerakan-gerakan antikorupsi,” ucap Wawan lagi.

Wawan menjelaskan, edukasi melalui bus keliling ini membawa semangat membumikan anti korupsi pada masyarakat. Di Sumbar kegiatan ini dilaksanakan mulai 6-15 Oktober 2023. Tujuannya agar masyarakat semakin tahu bahaya korupsi, mengingat kebanyakan masyarakat tahu KPK hanya menindak atau menangkap yang korupsi. Padahal KPK juga punya fungsi edukasi melalui sosialisasi dan kampanye.

BACA JUGA  Cantiknya Ibu Iriana dampingi Permaisuri Masako Lihat Lukisan dan Pameran Batik Jawa Hokokai

“Untuk roadshow bus sudah dimulai beberapa tahun silam. Hadir saat hari bebas berkendara atau car free day di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi. Lalu meluas ke daerah lain di Jawa. Tahun lalu mulai ke Pulau Sumatera ke Lampung, Sumatera Selatan. Tahun ini dimulai Bengkulu, Jambi, Riau, Sumatera Barat, Sumatera Utara, dan bar, Sumut, ditutup di Aceh. Semoga bus yang sudah berusia 10 tahun ini kuat sampai Aceh,” ucapnya.

Comment