Nasional

Dihadiri Ribuan Peserta, Sumbar Tuan Rumah HUT Satpol PP dan Satlinmas Nasional

200
×

Dihadiri Ribuan Peserta, Sumbar Tuan Rumah HUT Satpol PP dan Satlinmas Nasional

Sebarkan artikel ini
Gubernur Mahyeldi dan Wagub Sumbar Audy Joinaldy didampingi Kasatpol PP Sumbar, Irwan saat periksa pasukan.ist

PADANG – Sumatera Barat ditunjuk menjadi tuan rumah Peringatan HUT Satpol PP ke-74 dan Satlinmas ke-62 tingkat Nasional Tahun 2024. Ribuan peserta diperkirakan akan mendatangi Sumbar dengan kegiatan tersebut.

Menyambut penunjukan tersebut, Gubernur Sumbar, Mahyeldi bakal mempersiapkan dengan maksimal. Terlebih ini untuk kali pertama Sumbar ditunjuk sebagai penyelenggara.

“Ini untuk pertama kali dalam sejarah, kita ditunjuk sebagai penyelenggara,” ucap Gubernur Mahyeldi, Senin (20/11/2023).

Disebutkannya, dinas terkait serta Pemerintah Kabupaten/Kota di Sumbar, agar dapat mempersiapkan segala sesuatunya dengan sebaik mungkin. Agar kegiatan nasional tersebut terlaksana dengan baik. Sehingga menimbulkan kesan yang baik pula bagi para tamu yang datang dari seluruh provinsi di Indonesia nantinya.

BACA JUGA  Libur Nataru, Semua Penumpang Bus Diwajibkan sudah Divaksin

“Tekad kita agar acara ini dapat kita kemas lebih baik. Untuk itu, kita akan melakukan persiapan secara maksimal,” ucapnya.

Kepala Satpol PP Sumbar, Irwan menyebutkan, persetujuan Sumbar sebagai tuan rumah dari Kemendagri telah dipastikan melalui surat penunjukan tertanggal 15 November 2023.

Di mana, terdapat beberapa poin persiapan yang ditekankan oleh Kemendagri kepada Pemprov Sumbar dan Pemerintah Kabupaten/Kota.

Kemendagri meminta Pemprov Sumbar bersama Pemkab dan Pemko di Sumbar, untuk segera membentuk panitia HUT. Menyiapkan dan memastikan ketersediaan anggaran, serta mempersiapkan konsep pelaksanaan kegiatan.

“Kita sudah beberapa kali menggelar rapat terkait persiapan ini dengan Pemkab dan Pemko di Sumbar,” ucap Irwan.

Disebutkannya, mestinya penyelenggaraan upacara akan berlangsung pada 3 Maret 2024. Namun, karena 3 Maret 2024 jatuh pada hari Minggu, pihaknya masih berkonsultasi ke pusat terkait waktu pelaksanaan. Apakah tetap digelar pada 3 Maret, atau digeser ke hari Senin 4 Maret 2024.

BACA JUGA  Danlantamal II Padang Panen Raya Serta Pembagian Paket Sembako kepada Masyarakat 

“Untuk lokasi pelaksanaan, sementara ini ada tiga opsi, di Istana Gubernur, Halaman Kantor Gubernur, atau di GOR H. Agus Salim. Nanti pelaksanaannya sekitar tiga hari, sebab ada rangkaian kegiatan selain upacara. Untuk upacara sendiri, bertindak selaku inspektur biasanya dari Kemendagri,” tutup Irwan.(Bdr)

Comment