Budaya

Di Kota Padang, Nelayan Paling Banyak Kumpulkan Sampah Dapat Hadiah Umrah

362
×

Di Kota Padang, Nelayan Paling Banyak Kumpulkan Sampah Dapat Hadiah Umrah

Sebarkan artikel ini
Gubernur Mahyeldi saat menghadiri peringatan gerakan nasional Bulan Cinta Laut (BCL) - Gerakan Partisipasi Nelayan Mengambil Sampah Laut, Rabu (06/09/2023) di Pantai Muaro Lasak Kota Padang.Ist

PADANG – Gubernur Sumatera Barat (Sumbar), Mahyeldi Ansharullah menjanjikan hadiah berangkat umrah bagi nelayan pengumpul sampah terbanyak di Pantai Padang. Penghargaan itu diberikan upayanya mendorong masyarakat ikut menjaga kebersihan pantai dari sampah.

Mereka yang berhak mendapatkan hadiah berangkat umrah itu adalah yang paling banyak mengumpulkan sampah paling banyak hingga akhir 2023.

Ajakan kepada para nelayan itu disampaikan Gubernur Mahyeldi saat menghadiri peringatan gerakan nasional Bulan Cinta Laut (BCL) – Gerakan Partisipasi Nelayan Mengambil Sampah Laut, Rabu (06/09/2023) di Pantai Muaro Lasak Kota Padang.

“Apa yang dilakukan saudara-saudara kita para nelayan dalam aksi Bulan Cinta Laut ini, adalah gerakan yang mulia dan patut diapresiasi. Tapi, gerakan ini tidak boleh berhenti di bulan ini saja. Harus lanjut minimal sampai akhir tahun. Bagi nelayan yang berhasil mengumpulkan sampah terbanyak di akhir tahun ini, akan kita berangkatkan umrah ke Tanah Suci,” ucap Gubernur Mahyeldi.

BACA JUGA  Lestarikan Budaya Asli Daerah, Mahyeldi buka Festival Bahari Rabab Pasisia

Ada pun dalam sambutannya, Gubernur menegaskan bahwa kehidupan di darat teramat bergantung kepada laut. Oleh karena itu, Gubernur menegaskan pentingnya menjaga dan merawat laut secara maksimal, dengan tidak membuang sampah ke laut, termasuk juga ke sungai, danau, dan kawasan perairan lainnya.

“Jangan ada lagi yang membuang sampah ke laut, sehingga membuat laut dan potensi besar di dalamya menjadi rusak. Selain itu, laut juga tidak rela menerima sampah kita. Buktinya, saat cuaca sedang tidak bersahabat, sampah akan dikembalikan lagi oleh laut ke daratan. Ini harus kita ingat,” ucapnya lagi.

Peringatan Bulan Cinta Laut di Sumbar tahun ini juga diisi dengan agenda dialog antara nelayan dengan Gubernur Sumbar, Danlantamal II Padang, Direktur Pendayagunaan Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil Kementerian Kelautan dan Perikanan, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Prov. Sumbar, dan Kepala Dinas Lingkungan Hidup Prov. Sumbar.

BACA JUGA  Lepas Tour Wisata Alumni SMEA 1 Padang, Irwan Basir :Alumni Menyambung Kembali Tali Silaturahmi¬†

Selain itu tampak hadir dalam kegiatan tersebut, Kepala Dinas Pariwisata Prov. Sumbar, Kepala Biro Adpim Prov. Sumbar, Pemko Padang, serta perwakilan PT Pegadaian dan PT Semen Padang selaku perusahaan yang ikut mendukung terlaksananya gerakan partisipasi nelayan mengambil sampah laut pada peringatan BCL di Kota Padang tahun ini.(Bdr)

Comment