Budaya

Kebutuhan Sapi Kurban Sumatera Barat pada Idul Adha 2023 Mencapai 60 Ribu Ekor

554
×

Kebutuhan Sapi Kurban Sumatera Barat pada Idul Adha 2023 Mencapai 60 Ribu Ekor

Sebarkan artikel ini
Gubernur Mahyeldi berikatan keterangan.Ist

PADANG – Kebutuhan sapi kurban Sumatera Barat pada Hari Raya Idul Adha 1414 Hijriah/2023 diperkirakan mencapai 60 ribu ekor. Untuk memenuhi kebutuhan, pasokan bisa didatangkan dari beberapa provinsi tetangga daerah tersebut.

Gubernur Sumbar, Mahyeldi Ansharullah mengatakan, suplai ternak sapi akan didatangkan dari Medan Provinsi Sumatera Utara (Sumut), Aceh dan Lampung serta daerah lainnya.

Hal ini dilakukan, menurut Mahyeldi, karena kemampuan Sumbar memenuhi kebutuhan ternak sapi hanya 40 persen. Sementara, kebutuhan sapi untuk memenuhi kurban tahun ini sebanyak 60 ribu ekor sapi.

“Dari Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan sudah sinergi memperhitungkan kecukupan ternak. Untuk persiapan kurban Idul Adha kemampuan daerah ini memenuhi kebutuhan sapi hanya 40 persen. Kita akan suplai dari daerah lain. Untuk ketersediaan banyak disuplai dari Medan, Lampung dan Aceh,” terang Mahyeldi, Senin (12/6/2023).

BACA JUGA  Caramah di Solok, UAS Puji-puji Kepemimpinan Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi

Untuk menghadapi Idul Adha tahun ini, Kepala OPD Pemprov Sumbar juga ikut terlibat melaksanakan kurban masing-masing satu ekor sapi.

“Sekarang sapi kurban dari Pemprov Sumbar sudah lebih 60 ekor. Nantinya daging sapi ini distribusikan kepada warga masyarakat yang membutuhkan,” ungkapnya.

Selain itu kata Mahyeldi, tidak tertutup kemungkinan Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) juga akan ikut berkurban satu ekor sapi di Sumbar. Hal ini berangkat dari pengalaman Hari Raya Idul Adha tahun sebelumnya, yang rutin berkurban di Sumbar.

“Biasanya memang tiap tahun ada sapi dari Pak Presiden. Tahun lalu kita sebar ke daerah bencana di Pasaman dan Pasaman Barat. Sekarang kita distribusikan ke daerah yang membutuhkan. Tidak hanya dari Pak Presiden, kita berharap juga sapi kurban dari Pak Wakil Presiden,” harapnya.(Bdr)

BACA JUGA  Oknum Jamaah Salafi Payakumbuh Minta Maaf, PDPM Kota Padang: Proses Hukum Tetap Jalan

Comment