Nasional

Lasitardanus XLIII Motivasi Generasi Muda Sumbar Mengabdi untuk Negara

242
×

Lasitardanus XLIII Motivasi Generasi Muda Sumbar Mengabdi untuk Negara

Sebarkan artikel ini
Danjen Akademi TNI, Letjen Teguh Arief memasangkan tanda melepas pada peserta Latsitardanus XLIII.Ist

PADANG – Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi menyebut pelaksanaan Latihan Integritas Taruna Wreda Nusantara XLIII yang digelar pada lima kabupaten dan kota di daerah itu telah memberikan motivasi kepada generasi muda untuk mengabdikan diri pada negara.

“Selama 23 hari berbaur dengan masyarakat selama di Sumbar, peserta Latsitardanus XLIII telah memotivasi dan menginspirasi generasi muda untuk ikut mengabdikan diri pada negara,” katanya saat menutup secara resmi Latsitardanus XLIII di Padang, Minggu.

Ia mengatakan antusiasme generasi muda Sumbar untuk mengabdi pada negara dengan menjadi anggota TNI/Polri sangat tinggi. Latsitardanus XLIII yang digelar di Sumbar menurutnya telah memperkuat motivasi itu.

“Kita melalui Dinas Pendidikan juga telah melakukan kerjasama dengan TNI/Polri untuk memberikan pembinaan bagi siswa SMA/SMK agar bisa diterima masuk menjadi abdi negara ini,” katanya.

BACA JUGA  Saat Sandar di Dermaga Teluk Bayur, Danlantamal II Kalungkan Bunga kepada Dansatgas KJK 

Selain memberikan motivasi, gubernur mengatakan seluruh rangkaian kegiatan Latsitardanus XLIII di Sumbar juga berjalan dengan baik tanpa kendala dan hambatan.

“Kami mengucapkan terima kasih atas pengabdian yang ditunjukkan semua peserta selama hampir satu bulan di Sumbar,” katanya di Padang, Minggu.

Ia mengatakan selama 23 hari mengabdikan diri di Sumbar dengan berbagai kegiatan baik fisik maupun non fisik, para taruna mampu membaur dengan warga Sumbar, bahu membahu mengerahkan tenaga, hati dan pikiran untuk mensukseskan segala kegiatan yang direncanakan.

Dalam waktu yang relatif singkat itu tidak sedikit infratruktur yang terbangun pada lima kabupaten dan kota melalui (karya bhakti). Banyak pula motivasi yang diberikan kepada masyarakat melalui kegiatan non fisik.

BACA JUGA  Korban Jiwa Banjir Lahar dan Longsor di Sumbar Capai 50 Orang

Sementara itu Danjen Akademi TNI, Letjen Teguh Arief mengapresiasi taruna yang telah membangun hubungan emosional, bersosialisasi dengan masyarakat, serta menjaga adat istiadat sekaligus kearifan lokal yang ada di Sumbar.

“Taruna mendapat ilmu baru, yaitu pengetahuan tentang bersosialisasi di masyarakat. Ini merupakan kesempatan pertama kali mereka bersosialisasi sejak keluar dari asrama. Ini merupakan pengalaman baru bagi mereka,” katanya.

Comment