Peristiwa

Selain Pasaman Barat, Daerah Ini juga Ada Tambang Emas Ilegal di Sumbar

630
×

Selain Pasaman Barat, Daerah Ini juga Ada Tambang Emas Ilegal di Sumbar

Sebarkan artikel ini
Tim gabungan yang terdiri dari Dittipidter Bareskrim Mabes Polri bersama Ditreskrimsus Polda Sumbar dan Polres Pasbar menertibkan aktivitas PETI di Jorong Tombang, Nagari Sinuruik, Kecamatan Talamau, Kabupaten Pasbar, Sabtu (13/5/2023).Ist

PADANG – Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Provinsi Sumatera Barat (Sumbar), Asben Hendri mengakui, selain di Jorong Tombang, Nagari Sinuruik, Kecamatan Talamau, Kabupaten Pasbar penambangan emas ilegal juga terjadi di beberap daerah di Sumbar.

Seperti di Sijunjung, Sawahlunto, Solok Selatan (Solsel) dan Dharmasraya.

“Daerah ini akan menjadi perhatian serius kita ke depan,” tegasnya.

DLH Provinsi Sumbar menurutnya, melakukan kordinasi lebih intern menyikapi maraknya PETI di beberapa daerah di Sumbar. Setelah penertiban Jorong Tombang, Nagari Sinuruik, Kecamatan Talamau, Kabupaten Pasbar, Tim Mabes Polri bersama Polda Sumbar membentuk forum komunikasi dan informasi melalui group WhatsApp (WA).

Dengan adanya kordinasi ini, diharapkan penertiban tidak kucing-kucingan. Tetapi perlu ada upaya pengawasan berkelanjutan.
Setelah penertiban tersebut, Tim Mabes Polri juga meminta pemerintah daerah menginventarisir tambang emas yang memiliki izin dan tidak berizin di Sumbar.

BACA JUGA  Gunung Marapi Siaga, Warga Mulai Didata untuk Diungsikan

Kemudian hasilnya nanti dikordinasikan kepada Dinas ESDM Provinsi Sumbar. Termasuk kordinasinya terkait Tata Ruang Tata Wilayah (RTRW).

“Karena untuk izin tambang ini di pusat. Sementara pemanfaatan sungainya harus ada izin teknis dari daerah. Jadi butuh waktu yang panjang untuk mengurus izin tambang ini,” tegasnya.

Asben Hendri menilai, aktivitas PETI akan sulit diberantas jika masyarakat sekitar kawasan PETI menerima manfaatkan dari aktivitas tambang ilegal tersebut.

Tetapi jika masyarakat sekitar kawasan sungai memiliki kesadaran lingkungan, maka tentu tidak mendukung aktivitas PETI di kawasannya.

Seperti diketahui, tim gabungan yang terdiri dari Dittipidter Bareskrim Mabes Polri bersama Ditreskrimsus Polda Sumbar dan Polres Pasbar menertibkan aktivitas PETI di Jorong Tombang, Nagari Sinuruik, Kecamatan Talamau, Kabupaten Pasbar, Sabtu (13/5/2023).

BACA JUGA  Sikap Positif Terhadap Bahasa Negara Minim

Penertiban dilakukan karena penambangan emas di sungai di Jorong Tombang Nagari Sinuruik Kecamatan Talamau tersebut dan sudah menjadi pemberitaan dan perhatian Pemkab Pasbar, Pemprov Sumbar hingga Pemerintah Pusat.

Comment