Lifestyle

Pola Hidup Sehat, Gubernur Mahyeldi Ajak Warga Bayang Utara jangan Minum Alkohol

330
×

Pola Hidup Sehat, Gubernur Mahyeldi Ajak Warga Bayang Utara jangan Minum Alkohol

Sebarkan artikel ini
Gubernur Sumbar, Mahyeldi Ansharullah melaunching Germas di Kecamatan Empat Nagari Bayang Utara, Kabupaten Pessel, Rabu (19/10).Ist

PADANG – Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) melaunching Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) Pencegahan Stunting Sejak Dini di Kecamatan Empat Nagari Bayang Utara, Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel), Rabu (19/10).

Gubernur Sumbar, Mahyeldi Ansharullah mengatakan, membudayakan dan membiasakan menggerakan masyarakat untuk hidup sehat sangat penting.

Banyak kegiatan yang bisa dilakukan jika sehat. Jika tidak sehat sulit lakukan kegiatan. Banyak APBD dan APBN dianggarkan pemerintah untuk kesehatan. Ini bukti kesehatan masyarakat itu menjadi bagian penting dan perhatian pemerintah.

Germas mendorong masyarakat Sumbar hidup sehat. Untuk hidup sehat, kata Mahyeldi, masyarakat harus banyak bergerak, jangan banyak tidur. Tidur yang banyak tidak hanya berdampak kesehatan sakit juga ikut penyumbang kemiskinan.

BACA JUGA  Anda Penggemar Kopi..? Ini Affogato Unik dari Bukittinggi

Mahyeldi juga cukup heran. Banyak potensi di Bayang Utara ini, ada anggur, lengkeng dan lainnya. Dengan potensi ini seharusnya tidak ada stunting. Karena dengan konsumsi buah-buahan akan sehat.

Mahyeldi juga mengingatkan masyarakat, jangan konsumsi minuman berakohol. Karena Sumbar termasuk provinsi yang banyak menggunakan alkohol dan narkoba.

“Ini bersumber dari kebiasaan merokok. Ini harus ditekan. Narkoba merusak masa depan generasi muda kita,” tegasnya.

Mahyeldi juga mengajak masyarakat biasakan hidup sehat dengan menjaga kebersihan lingkungan. Kemudian, setiap rumah juga harus ada jamban.

“Jangan buang air besar dan kecil di sungai lagi. Angka stunting tinggi karena banyak masyarakat buang air besar dan kecil di sungai. Karena tidak ada sarana jamban di rumah,” ujarnya.

BACA JUGA  Ternyata Artis Bintang Ganteng-Ganteng Srigala jadi PPAT di Padang Pariaman

Kepala Dinkes Sumbar, dr Lila Yanwar, Mars mengatakan, kegiatan Germas selain dilaksanakan di Pessel, juga dilanjutkan ke seluruh kabupaten kota di Sumbar.

Gerakan ini menurutnya, untuk memberikan kebiasaan hidup sehat secara mandiri kepada masyarakat. Seperti, makan sayur dan buah serta daging. Tujuannya mencegah stunting pada anak sejak dini.

Lila mengungkapkan, berdasarkan survey, di Pessel angka stunting mencapai 25,1 persen. Namun, hasil input data melalui aplikasi, angka ini terjadi penurunan sehingga tinggal lagi 7,5 persen. “Dengan angka penurunan tersebut, ini progres yang luar biasa,” terang Lila.

Comment