Pendidikan

Monev ANBK di MTsN 1 Padang, Edy Oktafiandi Minta Genjot Frekuensi Kemampuan Literasi Siswa

391
×

Monev ANBK di MTsN 1 Padang, Edy Oktafiandi Minta Genjot Frekuensi Kemampuan Literasi Siswa

Sebarkan artikel ini

PADANG – Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Padang H. Edy Oktafiandi didampingi Oktiyenti dan Nelvia Okta Sari lakukan Monitoring dan Evaluasi Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) di Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 1 Kota Padang, Senin, (19/9/22)

Kakankemenag H. Edy Oktafiandi meninjau langsung pelaksanaan ANBK di labor komputer. Kata Edy pelaksanaan ANBK di MTsN 1 Kota Padang sudah sesuai Standar Operasional Prosedur ( SOP) dan Petunjuk Teknis (Juknis) dengan ruang labor yang sudah refresentatif.

Orang nomor satu di Kemenag Padang itu meminta agar Kepala Madrasah, unsur pimpinan dan guru bersama-sama meningkatkan frekuensi kemampuan Literasi siswa baik Literasi Numerasi, Literasi Survey, Survey Karakter, dan Survey Lingkungan Belajar.

BACA JUGA  Kesbangpol Sumbar Khawatirkan Pemahaman Wawasan Kebangsaan Generasi Z

ANBK tidaklah terlalu menjurus kepada evaluasi akademik/penguasaan materi pembelajaran dan Bidang Studi tertentu tetapi lebih kepada menguji kemampuan Literasi siswa, mulai dari Literasi Baca Tulis, “Literasi Numerasi, Literasi Sains, Literasi Digital, Literasi Finansial, Literasi Budaya dan Kewargaan,” jelas Edy.

Menurut Edy Era digitalisasi dan globalisasi hendaknya menjadi perhatian penting bagi seluruh lapisan masyarat, termasuk bagi para orang tua dan pendidik dimadrasah tentang lIterasi digital. Peserta didik yang sangat dekat dengan media informasi seperti televisi, smartphone, gadget dan internet disatu sisi menjadi suatu kebutuhan utama bagi siswa, sebagai upaya mempersiapkan masyarakat yang “melek” teknologi sebagai syarat utama untuk mampu bersaing dikancah global. “Akan tetapi, disisi lain memiliki potensi yang kurang menguntungkan begitu besar,” kata Edy.

BACA JUGA  Suryadi Asmi Lepas Mahasiswa Manajemen UMMY Solok Studi TIru ke Yogyakarta

Bagaimana tidak, peserta didik yang masih dalam usia perkembangan dan pertumbuhan justru lebih sering menghabiskan waktunya dengan alat dan media elektronik, dari pada meluangkan waktu dengan teman sebaya untuk berinteraksi dan bersosialisasi. Disinilah letak literasi media mendesak diimplementasikan melalui pendidikan termasuk dalam pembelajaran di dalam kelas.

Kepala MTsN 1 Kota Padang Isrizal didampingi Wakur Idra Putri, Plt. Kaur TU yang juga Wakasarpras Suhelri, dan Wakahumas Dafril mengucapkan terima kasih kepada Kakankemenag Kota Padang atas kunjungan, Monev, pembinaan, dan memberikan semangat peningkatan kemampuan Literasi bagi warga madrasah.

Comment