Olahraga

Jika Dana Penyelenggara Porprov Tak Mencukupi, Yusra : Alihkan Saja Tuan Rumah ke Daerah Lain

244
×

Jika Dana Penyelenggara Porprov Tak Mencukupi, Yusra : Alihkan Saja Tuan Rumah ke Daerah Lain

Sebarkan artikel ini

PADANG – Sebagai tuan rumah, KONI Padang membutuhkan finansial unruk penyelenggaraan Porprov XVI tahun 2023 mendatang sebesar Rp 32 miliar.

Sebagai gambaran, alek multi iven olahraga dua tahunan ini tahun 2016, saat Kota Padang sebagai pelaksana diguyur dana dana sebesar Ro56 miliar, dengan jatah hanya 32 cabang olahraga (Cabor).

Sementara, pada gelaran Porprov XVI tahun 2023 ini, menggantikan Kabupaten Tanahdatar tuan rumah Kota Padang mendapatkan jatah 42 Cabor sebagai pelaksana. Akan tetapi, Padang hanya mengusulkan kepada Pemprov Sumbar sebesar Rp 32 miliar. Padahal, secara logika anggaran pelaksanaan sebanyak 42 Cabor ini idealnya melebihi Rp 32 miliar, “ujar Ketua KONI Padang, Yusra Syarif, Rabu (14/9/2022).

BACA JUGA  Jelang Lebaran Atlet Silat Tetap Intens Latihan Mandiri 

Namun, Yusra tetap menyatakan siap sebagai tuan rumah Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) dengan syarat, jika anggaran dipenuhi Gubernur Sumbar mencukupi. Seandainya kurang dari yang diusulkan tersebut, silahkan cari saja daerah lain sebagai gantinya, untuk menjadi tuan rumah.

“Sebagai tuan rumah Porprov, kita tidak mau anggaran Rp 32 miliar dikurangi. Karena biayanya dan tanggungjawabnya sangat berat sekali. Ini merupakan kesepakatan KONI Padang bersama Walikota, Hendri Septa,” jelas Ketua KONI Padang, Yusra MN didampingi Sekumnya, Sauqi.

Padang ditunjuk sebagai tuan rumah Porprov bersama Kota Padangpanjang, masing-masing dapat bantuan dari Pemprov Sumbar. Untuk Padangpanjang minta sebesar Rp 14 miliar, sedangkan Padang sebanyak Rp 32 miliar. Namun, informasi yang ditangkap di lapangan biaya sebesar itu masih dikurangi Penprov Sumbar. .”Kalau dikurangi kita tidak sanggup menggelar hajat olahraga dua tahunan ini,” tegas Yusra.

BACA JUGA  Jelang PON XX Papua Atlet Sepaktakraw Sumbar Bakal Try Out ke Riau

Alasan Yusra cukup tepat, karena anggaran Rp 32 miliar tidak bisa dikurangi disebabkan venues dari 28 cabang olahraga mesti direhabilitasi. Menurutnya, perhitungan biaya perbaikan venues sudah final dan tak bisa ditawar-tawar lagi. “Sebagai tuan rumah kita telah mempersiapkan atlet dengan biaya lumayan besar. Jadi jangan beban tuan rumah bertambah pula. Karena Porprov adalah aleknya pemerintah provinsi,” ucap Yusra.

Comment