Umum

Ketua DPD LPM Padang Peduli Korban Kebakaran Warga Kampung Jao  Padang Barat 

191
×

Ketua DPD LPM Padang Peduli Korban Kebakaran Warga Kampung Jao  Padang Barat 

Sebarkan artikel ini

PADANG– Kebakaran yang menimpa warga jalan Pasar Baru Kelurahan Kampung Jao Kecamatan Padang Barat yang terjadi pada hari Selasa 24/5/2022 ditinjau oleh ketua DPD LPM Kota Padang Irwan Basir Dt. Rajo Alam, SH.MM, Jumat (27/5/2022)

Kedatangan Irwan Basir disambut oleh keluarga korban kebakaran beserta tokoh masyarakat diantaranya Tuako Alam, anggota DPRD Kota Padang Iswanto Kowara serta ketua RT dan RW Pasar Baru.

Menurut salah seorang korban yang bernama Harry yang mana rumahnya turut terbakar menjelaskan kalau kebakaran ini terjadi sekitar pukul 22.00 wib dan api langsung cepat menyebar dan melahap 8 petak rumah yang dihuni oleh 30 jiwa.

BACA JUGA  Satrol Lantamal II Padang Terus Mengasah Kemampuan Tim VBSS 

Irwan Basir sangat prihatin dengan musibah kebakaran yang akhir-akhir marak terjadi di pemukiman warga. Faktor penyebabnya hampir sama dengan kebakaran yang terjadi ditempat lain.

” Kami dari DPD LPM Kota Padang merasa prihatin dengan musibah kebakaran yang marak terjadi menimpa warga. Baru kemaren, sekitar seminggu yang lalu musibah yang sama juga menimpa masyarakat di Balai Baru Kecamatan Kuranji. Sebelumnya juga terjadi di Kelurahan Parak Gadang Timur Kecamatan Padang Timur. Penyebabnya hampir sama yaitu korsleting listrik atau kalau tidak dari alat memasak atau kompor. Ini yang selalu memprihatinkan kita,” ucap ketua DPD LPM Kota Padang ini.

Irwan Basir juga menghimbau kepada seluruh warga agar senantiasa berhati-hati dalam penggunaan kompor untuk memasak. Disamping itu pemakaian alat-alat listrik juga perlu diperhatikan. Apalagi untuk instalasi listrik bagi bangunan rumah lama. Ini perlu diperiksa dan kalau perlu dilakukan penggantian instalasinya yang mungkin sudah aus atau rusak.

BACA JUGA  Diskes Lantamal II Padang Gelar Donor Darah di Tengah Pandemi Covid-19

“Kita semua tidak ada yang menginginkan musibah ini. Tapi kita mungkin bisa berusaha mencegahnya supaya jangan terjadi yaitu dengan meningkatkan kewaspadaan kita dalam pemakaian alat-alat listrik dan ala-alat memasak. Dan lakukan pemeriksaan terhadap instalasi listrik di rumah kita,” tambah Irwan Basir lagi.

Kebakaran yang menimpa warga jalan Pasar Baru Kelurahan Kampung Jao ini rata-rata korbannya adalah warga Tionghoa. Menurut Irwan Basir, LPM adalah Lembaga Pemberdayaan Masyarakat yang tidak melihat perbedaan suku, latar belakang, agama atau cultur dari masyarakat itu sendiri. LPM adalah lembaga masyarakat, milik masyarakat dan untuk seluruh masyarakat.

Comment