Umum

2021, Kurban Jamaah Masjid Al Iman Lolo Gunung Sarik Berkurang

254
×

2021, Kurban Jamaah Masjid Al Iman Lolo Gunung Sarik Berkurang

Sebarkan artikel ini

PADANG – Pengurus Masjid Al Iman Lolo Gunung Sarik Kecamatan Kuranji Kota Padang sembelih hewan kurban 5 ekor sapi dan 5 ekor kambing usai tunaikan Sholat Idul Adha 1442 H, Selasa (20/7/2021). Kurban tahun 2021 ini berkurang dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

“Jumlah hewan kurban disembelih tahun 2021 memang berkurang ketimbang hari raya kurban Idul Adha tahun 2020 lalu,” ujar Suardi M, Pengurus Masjid Al Iman, kemarin.

Dikatakan Suardi, diduga berkurangnya jumlah hewan kurban di Masjid Al Iman tahun mungkin dampak pandemi Covid-19. Apalagi, belakangan ini pemerintah menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat sehingga berdampak terhadap masyarakat, terutama masyarakat menengah ke bawah.

BACA JUGA  Kota Padang Salurkan Bansos, Mahyeldi Pesan Jangan Timbulkan Kerumunan

“Namun kita masih bersyukur jamaah kita di tengah pandemi Covid-19 tetap beribadah kurban, walaupun jumlah kurang dari tahun sebelumnya,” ” tambah Suardi.

Sementara, Khatib Sholat Idul Adha Ustadz Iwan menyebutkan, penyesatan, ada keyakinan yang menyebutkan mengunjungi suatu tempat beberapa kali sudah sama dengan naik haji. Kepercayaan tesebut merupakan penyesatan dari agama. Satu satunya naik haji adalah berangkat ke Mekah Masjidil Haram.

Kemudian, ibadah haji itu berawal dari kisah Nabi Ibrahim selalu berdoa agar dikaruniai anak. lelaki yang soleh, bukan anak yang gagah dan cerdas. Akan tetapi Ibrahim selalu berdoa dikaruniai anak soleh untuk melanjutkan risalah agama Allah SWT.

Namun, akhirnya Ibrahim dikaruniai anak lelaki yang diberi nama Ismael. Tapi, setelah anaknya beranjak remaja, Ibrahim diperintahkan Allah SWT untuk menyembelih anaknya. Karena perintah Allah, maka Nabi Ibrahim melaksanakan perintah Allah SWT untuk menyembelih anaknya. Al hasil, dengan kebesaran Allah SWT, lalu sembelihannya itu diganti Allah SWT dengan seekor kambing.

BACA JUGA  Laksanakan Sholat Idul Fitri di Rumah, Gubernur Sumbar Irwan Prayitno Tiadakan Open House

“Disinilah awal perintah kurban kepada umat Islam. Sehingga, setiap musim haji umat Muslim diperintahkan naik haji dan berkurban,” ujar Irwan. (rjk)

Comment