Umum

Antisipasi  Jalan Rusak, Warga Lolo Gunung Sarik Goro Bangun Portal Jalan

308
×

Antisipasi  Jalan Rusak, Warga Lolo Gunung Sarik Goro Bangun Portal Jalan

Sebarkan artikel ini

PADANG-Warga di lingkungan Kasik Lolo RW 1 Kelurahan Gunung Sarik Kecamatan Kuranji Kota Padang gelar gotong royong (Goro) membangun portal jalan, Minggu (13/6/2021). Portal jalan ini mengantisipasi agar jalan dan jembatan tidak dijebol dilalui dumtruck, yang sering mencuri curi lewat.

“Apalagi, status jalan ini merupakan jalan kampung, termasuk kategori kelas jalan 4 C dengan kekuatan tonasenya 6 hingga 8 ton,” ujar Syamsir Rj Mulie tokoh masyarakat Kasik Lolo Gunung Sarik, kemarin.

Ditambahkan Rj Mulie, kondisi jembatan yang berada di Kasik ini sangat rawan dilewati truk yang bermuatan di atas 8 ton. Jika sering dilewati truk bermuatan di atas 6 atau 8 ton maka jembatan akan jebol. Sebab, belakangan ruas jalan ini sering dilewati truk bermuatan galian C, yang tak sesuai kelas jalan dengan mencuri curi. Begitu juga dengan kondisi jalannya, jika dilewati truk akan cepat rusak

BACA JUGA  Sambil Berwisata, LPM Koronggadang Gelar Raker di Lembah Harau

Babinsa Koramil 05/Pauh Kuranji Serka Syafril mengatakan, membangun portal ini telah ditembukan dengan tokoh masyarakat, RT dan RW serta pihak kelurahan. “Portal bertujuan agar jembatan dan jalan tak rusak dilewati truk bermuatan tanah clay dengan tonase di atas 8 ton,” ujar Syafril.

Dikatakan Syafril, apalagi seiring dengan dimulainya pengerjaan pembangunan betonisasi berkerangka ruas Jalan Lapau Manggih – Balai Baru, sehingga truk tanah clay dialihkan ke jalan Kuranji.” Maka mengantisipasi agar jangan truk clay mencuri curi lewat jalan ini maka masyarakat membangun portal dan plang pemberitahuan,” ujar Syafril.

Katanya, plang pemberitahuan akan dipasang di dua titik seperti di pertigaan Panti Asuhan Nurhikmah Aie Paku Sungai Sapih dan pertigaan Masjid Al Iman Lolo Gunung Sarik. (rjk)

BACA JUGA  Danlantamal II Padang Ikuti Final Briefing Peluncuran Buku dengan Kepala Staf TNI AL 

Comment