Olahraga

Dayung Sumbar Optimis Curi 4 Medali Emas di PON XX Papua

320
×

Dayung Sumbar Optimis Curi 4 Medali Emas di PON XX Papua

Sebarkan artikel ini

PADANG – Pengprov PODSI Sumbar yakin atletnya mampu mencuri 4 medali emas di arena PON Papua XX, Oktober 2021 mendatang. Keyakinan cabang olahraga (Cabor) dayung ini bukan tak beralasan. Karena atletnya ditukangi pelatih yang berlevel dunia, yakni pernah menangani Timnas Dayung Belanda.

“Pelatih yang pernah melatih Timnas dayung Belanda tersebut Ramdan Dani Prakasa dan Asistennya Husni Hatuina,. Pelatih ini memiliki track record yang bagus pada spesialis di kelas Rowing,” ujar Esneti SPd MPd, pelatih Cabor Dayung Sumbar, Senin (5/4/2021).

Esneti yang juga Kabid Bimpres PODSI Sumbar ini menambahkan, target dayung 4 medali emas terdiri dari nomor, 4 nomor l, single school, 4 kurang, kelas ringan dan TBR dengan pendayung 12 putri dan kelas slalom. Tentu, diharapkan sentuhan pelatih internasional yang pernah menangani Timnas Belanda ini bisa mendorong merealisasikan target 4 medali tersebut. Bahkan, dia pernah atlet dayung ke ajang Olimpiade.

BACA JUGA  Atlet PON Sumbar Ngabuburit dengan Latihan Sepaktakraw

Dikatakan Esneti, atlet dayung sudah melaksanakan dayung sejak Januari 2021 lalu. Dan belakangan atlet dayung juga sudah bergabung latihan bersama dengan atlet PON Sumbar lainya di gedung Sport Hall GOR H Agus Salim Padang setiap akhir pekan.

Sedangkan, jadwal latihan atlet dayung yakni, Senin latihan beban 2 jam, siang istirahat, sore latihan di air. Selasa pagi latihan air selama 2 jam, siang latihan fisik dan sore latihan teknik di air. Rabu, fitnes selama 2 jam, siang istirahat, sore dilanjutkan latihan air.

Kamis pagi latihan air selama 2 jam dan sore latihan air. Jumat, fitnes selama 2 jam, sore latihan fisik. Sabtu latihan bersama gabung dengan latihan atlet PON Sumbar lainnya dan Minggu off. Bahkan, atlet Juga dilengkapi dengan peralatan latihan yang dipesan dari Negeri Kincir Angin Belanda seperti alat argometer untuk kekuatan tarikan kaki.

BACA JUGA  Lemkari Sumbar Diapresiasi di Bidang Kelembagaan Berprestasi dan Inovasi

“Memasuki bulan Ramadhan 1442 H, atlet dayung tetap latihan dengan jadwal yang sama dengan bulan di luar Ramadhan,” ujar Esneti.

Dikatakan Esneti, tim dayung mengirimkan sebanyak 55 personel ke PON Papua. Di mana 33 orang diberangkatkan dari dana Koni Sumbar. Sedangkan, 25 orang diberangkatkan Podsi Sumbar secara swadaya, yang terdiri dari pelatih, pengurus dan ofisial.
Sementara, nomor pertandingan yang diikuti dayung Sumbar di PON Papua di antaranya. Kelas Rowing No X 1, XR2, 2 Kurang 4 kurang, XR 4, X 8 kurang. Slalom kayak, putra dan putri, Kano 1 Slalom, TBR (Tradisional Boat Race).

Comment