Peristiwa

Pembangunan Tol Ruas Padang-Sicincin Dihentikan

284
×

Pembangunan Tol Ruas Padang-Sicincin Dihentikan

Sebarkan artikel ini
Gerbang tol Padang-Pekanbaru di Perbatasan Padang-Padang Pariaman. Bisnis Indonesia

PADANG – Lama berkutat dalam pembebasan lahan tol Padang-Pekanbaru akhirnya PT Hutama Karya Infrastruktur menghentikan pembangunan tol ruas Padang-Sicincin. Peghentian tersebut karena rumitnya pembebasan lahan.

Kebenaran penghentian pembangunan tersebut disampaikan Marthen Robert Singal, Project Director PT Hutama Karya Infrastruktur Ruas Tol Padang-Sicincin, Kamis (4/3/2021) malam.

“Betul pak, Jakarta sudah sampai pada keputusan menghentikan proyek tol Padang. Disebabkan tidak jelasnya kapan pembebasan lahan diselesaikan,”sebut Marthen dihubungi via pesan Whashappp.

Diketahui, tol Padang-Pekanbaru ruas Padang-Sicincin peletakan batu pertama dilakukan Presiden Joko Widodo sejak 3 tahun lalu. Diperkirakan pengerjaan tol itu saat itu hanya dua tahun, namun hingga kini pembangunan ruas tersebut tidak kunjung rampung.

BACA JUGA  Ketahuan Cabuli Murid SD, Mantan Pedagang Beras Sempat Dihakimi Massa

Sebelumnya dijelaskannya, progres saat ini 36,34 persen. Terdiri dari pengadaan lahan sepanjang 6 Km dari rencana 37 Km atau 14 persen pengadaan lahan. Untuk pengadaan lahan dilakukan oleh PUPR dan BPN.

Menariknya, Gubernur Sumbar Mahyeldi Ansharullah membantah penghentian pembangunan tol tersebut. Dia mengaku tidak mengetahui kalau pengerjaan itu dihentikan.

“Siapa bilang dihentikan, saya sendiri gubernur tidak mengetahui kalau dihentikan. Tidak benar itu, hoak itu,”sebutnya Jumat (5/3/2021).

Sementara itu, Jumat, (5/4) proses pembebasan lahan tetap berlanjut di Padang Pariaman.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Sumbar, Jasman Rizal menjelaskan Jumat 5 Maret 2021 telah dilakukan pertemuan di kantor Bupati Padang Pariaman dengan agenda penyerahan uang ganti untung pembebasan lahan jalan tol Padang – Sicincin kepada masyarakat. Pertemuan itu dihadiri oleh Wakil Bupati Padang Pariaman yang didampingi oleh Forkopimda Kabupaten Padang Pariaman, Kanwil BPN, Pejabat Pemprov Sumbar (dipimpin oleh Kepala Balitbang Prov Sumbar), PPK pengadaan tanah jalan tol Padang – Pekanbaru 1 Kemen PUPR, perwakilan BANK BRI, Kepala Bapeda dan Inspektorat Padang Pariaman.

BACA JUGA  Lompat ke Laut Dari Kapal China, Orang Tua Adhtya: Semoga Anak Saya Selamat

Comment