Ekonomi

Hubungi PUPR Langsung Soal Tol Padang-Pekanbaru, Athari Gauthi: Dihentikan Sementara

204
×

Hubungi PUPR Langsung Soal Tol Padang-Pekanbaru, Athari Gauthi: Dihentikan Sementara

Sebarkan artikel ini
Anggota DPR RI Asal Sumbar, Dapil I Athari Gauthi Ardi.Noli

PADANG – Munculnya informasi penghentian pembangunan jalan tol Padang-Pekanbaru, Anggota DPR RI asal Sumbar Athari Gauthi Ardi langsung hubungi Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat ( PUPR). Pembangunan tol tersebut memang dihentikan, namun hanya sementara.

Selain menghubungi Kemen PUPR Athari juga menghubungi PT Hutama Karya Infrastruktur (HKI) langsung. Pihak HKI juga membenarkan, namun hanya sementara.

Athari menyebutkan, informasi dari Dirjend Bina Marga, Kementerian PUPR, memang saat ini pengerjaan pembangunan jalan tol Padang-Pekanbaru dihentikan. Namun, sifatnya sementara (di-hold). Bukan berarti berhenti total.

“Jadi informasi yang benar itu dihentikan sementara, bukan diberhentikan total,” terang Athari via telepon, Jumat malam (5/3).

BACA JUGA  Merasa Dianaktirikan, Warga Sangir Tumpangkan Harapan pada Indra Catri

Athari juga menjelaskan, alasan penghentian sementara, karena saat ini dalam proses pembangunannya, masih terkendala pembebasan lahan yang dilaksanakan BPN bersama pemerintah daerah. Karena itu, penghentian sementara dilaksanakan selama tahun 2021 ini, agar pembebasan lahannya dapat dituntaskan terlebih dahulu.

“Karena terkendala pembebasan lahan, maka proyek pembangunannya dialihkan ke lahan proyek yang sudah dibebaskan,” ujarnya.

Selain terkendala lahan, penghentian sementara pembangunan jalan tol Padang-Pekanbaru, juga karena pemerintah juga saat ini melaksanakan refocusing anggaran, untuk penanganan Covid-19 dan pelaksanaan program vaksinasi Covid-19 untuk masyarakat.

“Karena saat ini pemerintah lebih memprioritaskan keselamatan masyarakat di bidang kesehatan, untuk menangani Covid-19 ini. Ini juga termasuk pertimbangannya,” ungkap Athari.

BACA JUGA  Pemprov Sumbar Latih Puluhan Pemuda Kewirausahaan

Athari juga mengingatkan Pemprov Sumbar dan pemerintah kabupaten kota, agar benar-benar memberikan perhatian lebih untuk mengatasi masalah proses pembebasan lahan ini. Pasalnya, pembangunan jalan tol ini sangat penting dan besar manfaatnya bagi masyarakat Sumbar.

Sebagai satu-satunya perempuan asal Sumbar yang duduk di Komisi V, DPR RI, Athari menegaskan dirinya akan mengawal agar pembangunan jalan tol ini dapat terwujud sepenuhnya.

Comment