Nasional

BPTD Sumbar Benahi Perlengkapan Jalan Sepanjang 1.400 KM

163
×

BPTD Sumbar Benahi Perlengkapan Jalan Sepanjang 1.400 KM

Sebarkan artikel ini
Kepala BPTD Kemenhub Wilayah III Sumbar, Deny Kusdyana.

PADANG – Guna mewujudkan keselamatan berkendara (safety riding) Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Wilayah III Sumatera Barat benahi perlengkapan jalan. Perlengkapan itu diantaranya, pemasangan rambu jalan, marka hingga Air Traffic Controller (ATC).

“Mudah-mudahan target kita tercapai. Sehingga perlengkapan jalan nasional di Sumbar sudah memadai,”sebut BPTD Kementrian Perhubungan Sumbar III, Deny Kusdyana, Minggu (19/7/2020).

Dikatakannya, pemasangan perlengkapan jalan tersebut dikerjalan dalam 15 paket kegiatan. Dengan total anggaran mencapai Rp20 miliar lebih.

Dengan itu, nantinya mampu membenahi perlengkapan jalan untuk sepanjang 1.400 KM jalan nasional di Sumbar. Pemasangan tersebut dilakukan pada sejumlah ruas jalan nasional, diantaranya ruas jalan nasional di daerah Pesisir Selatan, Pasaman, Dharmasraya dan sejumlah ruas lainnya.

BACA JUGA  Sertifikat MURI Diserahkan di Mako TNI AL Lantamal II Padang 

Pengerjaan juga beragam, tergantu dengan kebutuhan. Jika ruas jalan itu membutuhkan, rambu maka akan dilengkapi dengan rambu.

Begitu juga dengan marka, kalau jalan membutuhkan marka akan dibuat marka. Dengan itu, kondisi jalan yang baik juga harus memenuhi perlengkapan yang cukup. Karena perlengkapan jalan sangat menentukan dalam keselamatan berkendara.

“Jika rampung, maka sepanjang 1.400 Km jalan di Sumbar perlengkapannya sudah memadai. Sisanya kita penuhi berikutnya,”sebutnya.

Diakui Deny, khusus untuk pelengkapan jalan di Sumbar secara keseluruhan belum memadai. Untuk itu secara perlahan, perlengkapan itu dipenuhi. Sebagian ruas jalan, masih ada rambu yang tidak lengkap. Sebagian ruas lainnya, juga markanya tidak cukup.

Dalam kegiatan itu, juga ada pemasangan dau unit ATC. Dengan adanya ATC itu nantinya dapat membantu pengaturan lalulintas di Sumbar.

BACA JUGA  Hubungan Minangkabau-Malaysia Diperkuat Lewat Silaturahmi Kekeluargaan

“Secara umum memang belum bagus, tapi kita optimis akan segera melengkapi,”ulasnya.

Menurut Deny, sesuai dengan kewenangan BPTD Kementrian Perhubungan Sumbar III. Lembaga yang dipimpinnya tersebut sudah melakukan pembenahan perlengkapan jalan sejak 2017. Hanya saja pengerjaan tidak bisa serta merta tuntas, namun bertahap.

Comment