Umum

Terima Bantuan Satgas Bencana BUMN, BPBD Sumbar Optimalkan untuk Penunjang Penerapan Protokol Kesehatan

104
×

Terima Bantuan Satgas Bencana BUMN, BPBD Sumbar Optimalkan untuk Penunjang Penerapan Protokol Kesehatan

Sebarkan artikel ini
Gubernur Irwan Prayitno didampingi Kalaksa BPBD Sumbar, Erman Rahman dan Sekdaprov Sumbar melihatkan langsung westafel bantuan dari Satgas Bencana BUMN, Rabu (10/6/2020).ist

PADANG – Satgas Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Provinsi Sumatera Barat menyerahkan bantuan washtafel sebanyak 165 unit kepada Pemprov Sumbar yang diterima langsung oleh Gubernur Sumbar Irwan Prayitno, Rabu, (10/6/2020) di kantor Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumbar.

Sebelumnya, 35 unit bantuan yang sama sudah disalurkan oleh pihak BUMN. Bahkan sudah dimanfaatkan pada sejumlah kantor pelayanan publik.

Irwan menyampaikan, bantuan yang baru tersebut nantinya disalurkan pada masjid-masjid, sekolah serta OPD di lingkup Pemprov Sumbar termasuk untuk kabupaten kota.

“Dalam keadaan pandemi seperti sekarang sesuai dengan protokol kesehatan, seperti pakai masker, jaga jarak, dan cuci tangan terus kita sosialisasikan. Provinsi Sumatera Barat membutuhkan dua ribu lebih alat pencuci tangan atau washtafel, terutama untuk sekolah dan rumah ibadah dan pasar,” tuturnya.

BACA JUGA  Sempat Kosong, Akhirnya Danlantamal II Padang Kukuhkan Jabatan Asintel 

Bantuan tersebut akan didistribusikan oleh BPBD Provinsi Sumatera Barat ke masjid dan sekokah dalam waktu dekat ke penjuru Sumbar.

Wakil Satgas BUMN, Iskandar menambahkan bahwa bantuan washtafel tidak hanya bermanfaat saat pandmei Covid-19 saja. Bahkan peruntukannya ditargetkan untuk jangka panjang.

Washtafel tersebut katanya dipesan melalui Politeknik Negeri Padang. “Harganya murah dan kualitasnya sangat bagus,” ujar Iskandar.

Selain washtafel, Satgas BUMN juga telah menyerahkan bantuan berupa APD, sembako, ventilator, dan swab untuk dua ribu lebih sample.

“Kami berkomitmen Satgas BUMN akan hadir dalam setiap bencana di Sumatera Barat, karena ini merupakan amanat negara yang harus diemban,” pungkas Iskandar.

Sementara itu, Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Sumbar Erman Rahman mengatakan, bantuan tersebut akan segera disalurkan pihaknya dalam waktu dekat.

BACA JUGA  Peringatan HUT TNI, Penanaman Ribuan Bibit Mangrove Dikomandoi Danlantamal II

“Tim kami akan bergerak cepat menyalurkan bantuan ini, dan minggu ini akan tuntas disalurkan. Karena untuk pemberlakukan tatanan baru baru produktif (new normal), kita membutuhkan alat pendukung berjalannya protokol kesehatan, seperti westafel ini,” ujarnya.

Penyaluran itu katanya diprioritaskan untuk perkantoran di lingkup Pemprov Sumbar, rumah ibadah dan sekolah-sekokah yang ada di Sumbar.
Menurutnya, Sumbar masih banyak membutuhkan bantuan alat penunjang kesehatan untuk mencegah penyebaran Covid-19 di Sumbar.

Comment