Politik

Gerindra Sumbar Inisiasi DPRD Sumbar Gunakan Hak Interpelasi pada Irwan Prayitno

280
×

Gerindra Sumbar Inisiasi DPRD Sumbar Gunakan Hak Interpelasi pada Irwan Prayitno

Sebarkan artikel ini
Ketua DPD Gerindra Sumbar, Andre Rosiade

PADANG – Fraksi Partai Gerindra DRPD Sumbar menggulirkan wacana hak interpelasi kepada Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno. Interpelasi itu untuk menanyakan seringnya Irwan melakukan perjalanan ke luar negeri menggunakan dana APBD.

“Yang ke Gubernur itu Pak Irwan, Pak Gubernur ini kan sudah periode kedua, empat tahun sudah menjalani periode kedua. Nah muncul keresahan di tengah masyarakat Sumatera Barat melihat perilaku dan praktik bahwa hampir tiap bulan, hampir tiap bulan nih, Pak Gubernur ini pergi ke luar negeri. Bahkan dalam satu bulan ada yang dua kali perjalanan dinas ke luar negeri. Dan ini menimbulkan keresahan di masyarakat,” kata Ketua DPD Gerindra Sumatera Barat Andre Rosiade, Jumat (13/12/2019).

Andre menyoroti APBD Sumbar yang tergolong kecil itu justru digunakan untuk membiayai perjalanan Gubernur Irwan ke luar negeri. Menurutnya, kunjungan-kunjungan ke luar negeri itu tak jelas hasilnya untuk Sumbar.

“Karena hasilnya tidak jelas. Katanya mencari dan menjaring investor dari luar negeri, tapi sampai sekarang nggak ada investornya yang bisa dibawa ke Sumatera Barat. Manfaatnya tidak pernah dirasakan oleh masyarakat. Dan ini menggunakan uang APBD Sumatera Barat. Wajar timbul keresahan di tengah masyarakat,” ujarnya.

Andre pun membandingkan perjalanan dinas ke luar negeri Irwan dengan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. Anggota DPR RI itu melempar sindiran Irwan bisa memecahkan rekor Muri sebagai kepala daerah yang paling sering ke luar negeri.

BACA JUGA  Kehadiran Pembangunan Penguatan Tebing Sungai Disambut Antusias Warga Nagari Lingkung Aur Barat

“Mas Anies saja dalam periode kepemimpinannya baru berapa kali ke luar negeri aja orang heboh. Kang Emil, Gubernur Jawa Barat, fotonya beredar di luar negeri aja orang heboh. Ini hampir tiap bulan ke luar negeri. Kalau ada rekor Muri, mungkin dia bisa dikasih rekor Muri tuh, ‘Gubernur tersering keluar negeri’,” ucapnya.

Fraksi Partai Gerindra di DPRD Sumatera Barat disebut Andre menjadi inisiator hak interpelasi ini. Menurutnya, pimpinan F-Gerindra DPRD Sumbar juga tengah berkomunikasi dengan fraksi lain terkait wacana interpelasi ini.(Bdr)

Comment