Pendidikan

2019, Gebyar Pendidikan Dilaksanakan di Pusat Perbelanjaan Transmart

127
×

2019, Gebyar Pendidikan Dilaksanakan di Pusat Perbelanjaan Transmart

Sebarkan artikel ini
JUMPA PERS--Kadisdik Sumbar Adib Alfikri gelar jumpa dengan wartawan soal pelaksanaan Gebyar Pendidikan 2019 di Transmart.

PADANG-Pelaksanaan Gebyar Pendidikan (GP) 2019, yang dilaksanakan Dinas Pendidikan (Disdik) Sumbar berbeda dengan tahun sebelumnya. Tahun ini, GP SMA, SMK dan SLB ini dilaksanakan di pusat perbelanjaan Transmart Padang, yang sebelumnya selalu dipusatkan di Kantor Disdik Sumbar.
Selain itu untuk pelaksanaan GP 2019 ini, Disdik Sumbar menggamdeng akademisi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisip) Unand. GP 2019 ini merupakan agenda yang ke-7 dan pertama kali dilaksanakan di pusat perbelanjaan.
“Pemikirannya, kenapa dilaksanakan di pusat perbelanjaan, karena untuk mensosialisasikan memang di lokasi yang ramai. Apalagi, kegiatan Gebyar pendidikan ini kita akan mensosialisasikan berbagai produk pendididikan SMA dan SMK se Sumbar,” ujar Kadisdik Sumbar Adib Alfikri SE MM kepada wartawan, Senin (30/9/19).
Dikatakan Adib, pada GP tahun ini juga menampilkan berbagai karya-karya pendidikan anak-anak dari siswa se SLTA se Sumbar. Sebab tujuan umum dari kegiatan ini untuk memfasilitasi semua peserta didik SMA dan SMK serta SLB untuk menampilkan bebagai kemajuan bidang pendidikan serta inovasi pembelajaran berbasis ilmu pengetahuan dan teknologi. Ini juga tak terlepas sebagai ajang aktualisasi siswa, dari ilmu yang dituntut di bangku sekolah selama ini.
Sedangkan tujuan khusus, dari GP 2019 menyampaikan persepsi dan misi secara integral se Sumbar tentang ilmu pengetahuan dan teknologi. Menginformasikan tentang perkembangan dan kemajuan pembangunan di bidang pendidikan. Dan meningkatkan kreativitas dan inovatif peserta didik untuk semua jenjang dan jenis pendidikan.
Selain itu meningkatkan kasanah dan wawasan dalam menyusun program kegiatan Disdik Kabupaten dan kota se Sumbar. Serta meningkatkan silaturahmi dan komunikasi serta bertukar informasi Antar sekolah dalam pembelajaran yang memanfaatkan teknologi pendidikan.
Sedangkan, yang dirperlombakan di antaranya, karya inovasi, Stand pameran, lagu kebangsaan Indonesia tiga stanza dan seminar. Juga dilaksanakan lomba menulis berita media online.
Selain itu dalam pameran juga diisi dengan kegiatan perlombaan yang mendukung Gerakan Literasi Sekolah, literasi lebih dari sekadar membaca dan menulis. Namun mencakup keterampilan berpikir menggunakan sumber-sumber pengetahuan dalam bentuk cetak, visual dan auditori. Di abad 21 ini kemampuan ini disebut sebagai literasi informasi.
Selanjutnya untuk mengembangkan minat dan bakat siswa- siswi SMA dan SMK di bidang fotografi, dilaksanakan Lomba Foto On The Spot selama kegiatan Gebyar Pendidikan 2019. Kemudian juga diramaikan dengan menampilkan, group kesenian, perseorangan maupun perserta didik yang berprestasi. Serta akan menampilkan IP Band. (rjk)

BACA JUGA  Sukses jadi Terbaik II, Plt Kepmad MTsN 1¬† Terima Piagam Penghargaan

Comment