Pendidikan

Gubernur Irwan Prayitno Ajak Orangtua Menjaga Anak dari Predator

317
×

Gubernur Irwan Prayitno Ajak Orangtua Menjaga Anak dari Predator

Sebarkan artikel ini

PADANG — Ratusan anak Taman Kanak-kanak (TK) dan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) perwakilan se Sumatera Barat hadiri peringatan Hari Anak Nasional (HAN) di halaman Kantor Gubernur, Jumat (27/9/2019).

Hadir Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Irwan Prayitno, Ketua Himpaudi Sumbar Nevi Zuairina, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak se Sumbar, Kepala Dinas Pendidikan se Sumbar dan Bundo PAUD serta Himpaudi se Sumbar.

Gubernur Sumbar mengataka,  peringatan Hari Anak Nasional merupakan momentum dan mengajak semua masyarakat untuk selalu peduli dan mengupayakan melindungi anak-anak karena anak-anak merupakan aset bangsa.

“Kepedulian ini harus kita terus ditingkatkan dan berikan haknya seperti pendidikan dan kesehatan sebagai bekal dalam melanjutkan estafet kepemimpinan di Indonesia,” terangnya.

BACA JUGA  Kunjungi Pasar Ateh Bukittinggi, Indra Catri Jemput Kenangan Masa Sekolah

Ia mengatakan, yang perlu diperhatikan bagaimana melindungi anak dari perilaku sex menyimpang dari para predator anak dilingkungan masyarakat. Karena pelakunya kebanyakan adalah orang-orang terdekat dari korban. Dimulai dari rumah tangga, keluarga dan lingkungan.

“Saya mengajak agar selalu menjaga anak-anak kita dari predator atau pemangsa anak, karena dia ada didekat kita, lindungi anak kita, jangan sampai lengah,” ucap Irwan.

“Bagi orangtua luangkan waktu untuk keluarga, jangan sibuk sendiri, sehingga kita lupa dengan anak, ini sama saja memberi peluang bagi pemangsa anak,” tegasnya.

Gubernur juga menghimbau, agar semua pihak harus saling bersinergis untuk bisa mewujudkan Provinsi Layak Anak dan menuju Indonesia Layak Anak.

BACA JUGA  Idra Putri, Plt Kepala MTsN 1 Padang¬† jadi Pembina Upacara Perdana Semester 1 TP. 22/23

Ketua Himpunan Pendidikan dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini Indonesia (Himpaudi) Sumbar Nevi Zuairina menyebutkan, untuk menjadi manudian yang unggul, berdaya saing dan memiliki karakter, haruslah dimulai dari keluarga, selain itu peran krluarga tidaklah kalah pentinnya adalah pemberian asupan gizi pada anak sejak usia dini.

Hal ini merupakan dalah satu upaya pencegahan terhadap pertumbuhan kesehatan anak, yaitu “Stunting” yang mengakibatkan pertumbuhan dan perkembangan anak tidak sesuai dengan usianya atau kerdil.

Comment