Pendidikan

Wagub Sumbar, Mitigasi Efektif untuk Mengurangi Resiko Bencana

152
×

Wagub Sumbar, Mitigasi Efektif untuk Mengurangi Resiko Bencana

Sebarkan artikel ini

MENTAWAI — Mitigasi merupakan upaya untuk pengurangan resiko bencana cukup penting disampaikan ke masyarakat, karena bencana alam bisa saja terjadi kapan saja dan tidak dapat diprediksi.

Kondisi yang demikian sering mengejutkan masyarakat saat bencana tiba-tiba terjadi, karena ketidaksiapan masyarakat disebabkan karena kurangnya pengetahuan, pemahamam dan kapasitas masyarakat dalam menghadapi bencana.

Hal ini disampaikan oleh Wakil Gubernur Sumatera Barat Drs. H. Nasrul Abit dalam acara Jambore Pengurangan Risiko Bencana (PRB) VI Tingkat Provinsi Sumbar  2019, yang digelar di bumi perkemahan Kawasan Wisata Bahari Mapadegat, Desa Tuapejat, Kepulauan Mentawai, Selasa (23/7/2019).

Nasrul Abit sangat gentol sekali mengingatkan masyarakat agar selalu waspada terhadap bencana, untuk itu dia menginggatkan, mitigasi sangat esensial, mengingat potensi bencana di Sumbar tinggi. Kurangnya edukasi mengenai mitigasi, dinilai menjadi dalang banyaknya korban jiwa setiap terjadinya bencana.

BACA JUGA  Uda Uni MATSAMA PPDB 2023-2024 MAN 3  Padang Puncak Kreativitas Siswa

“Yang paling penting bagaimana kesadaran warga dalam mengetahui ancaman yang akan terjadi, kita sebagai pemerintah harus mensosialisasikan, bagaimana harus bersikap ketika ancaman terjadi,” kata Wagub Sumbar.

Salah satu yang dapat diupayakan untuk Pengurangan Risiko Bencana (PRB) bencana ini adalah dengan memperkuat mitigasi baik secara struktural melalui pembangunan fisik, seperti tempat evakuasi sementara, jalur evakuasi, membangun bangunan yang sesuai standarisasi yang ramah gempa, serta menjamin semua fasilitas dan mudah diakses, termasuk penyandang disabilitas.

“Seperti kita ketahui, biasannya yang paling berisiko berdampak adalah masyarakat tergolong miskin dan penyandang disabilitas, selain menimbulkan korban jiwa dan kerugian materil yang tidak sedikit,” ucapnya.

Untuk mengurangi tingkat risiko bencana, melindungi masyarakat dari kerugian yang besar, maka perlu dilakukan upaya-upaya untuk Pengurangan Risiko Bencana berbasis komunitas/ masyarakat, pembentukan sistem penanggulangan bencana di tingkat masyarakat

BACA JUGA  Alumni Politeknik Negeri Padang Fasilitasi Rumah Singgah di Jabodetabek

Comment