Umum

Dosen dan Mahasiswa STMIK Indonesia beri Edukasi Sistem Informatika bagi Petugas Kelurahan

298
×

Dosen dan Mahasiswa STMIK Indonesia beri Edukasi Sistem Informatika bagi Petugas Kelurahan

Sebarkan artikel ini
Tim Dosen STMIK Indonesia bersama petugas Kelurahan Kuranji, Padang.ist

PADANG – Guna menunjang operasional dan pemenuhan informasi masyarakat Kuranji, tim dosen dan mahasiswa Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) Indonesia Padang membangun website Kelurahan Kuranji, Kecamatan Kuranji Padang.

Tim dosen STMIK Indonesia yang terdiri dari empat orang dosen ini menyediakan website bagi kelurahan. Tidak hanya dalam bentuk aplikasi, namun sekaligus memberika edukasi bagi petugas kelurahan. Kegiatan itu bagian dari pengabdian masyarakat dosen STMIK Indonesia yang berlangsung 22 Juli 2019.

“Kita mengenalkan dari dasar, karena sebaran informasi itu adalah keniscayaan, apalagi kantor kelurahan adalah ujung tombak pelayanan pemerintah di masyarakat. Maka kami memilih kantor lurah untuk pengabdian masyarakat,”sebut Dosen STMIK Indonesia, Yesi Prima Putri M.Hum, Selasa (23/7/2019).

BACA JUGA  Wagub Sumbar : Media Tradisional, Pesan Tersampaikan dan Wargapun Terhibur

Menurutnya, sebuah kantor layanan sangat membutuhkan dukungan sistem informatika. Apalagi dengan perkembangan teknologi saat ini, masyarakat cendrung mendapatkan informasi via daring.

Nantinya, website itu akan diisi dengan informasi umum kelurahan. Mulai dari profil kelurahan, potensi kelurahan hingga layanan yang tesedia di kelurahan tersebut.

“Web itu memang sengaja dibangun dalam bentuk ketersediaan informasi, karena memang belum ada kebijakan layanan online di tingkat kelurahan. Kalau untuk layanan online itu kan sifatnya kebijakan pemerintah. Jadi itu tidak bisa serta merta, makanya kami berinisiatif menyediakan web informasi saja,”ulasnya.

Adapun manfaat yang diperoleh selama kegiatan yaitu website tersebut dapat dijadikan pusat informasi dan berita segala kegiatan bagi masyarakat yang ada di Kelurahan Kuranji.
Menariknya, website tersebut juga dapat menambah pendapatan daerah karena bisa dijadikan sebagai sarana promosi khususnya pariwisata.

BACA JUGA  PCNU Bukittingggi Terima Bantuan Ambulance di Sela sela Bukber 

Sekretaris Lurah Kuranji Kasma Efendi mengatakan website ini sangat membantu kelurahan. Masyarakat dapat mengakses informasi kelurahan melalui website.

“Kami dari pihak kelurahan Kuranji jadi lebih paham tentang penggunaan website kelurahan. Ke depan kami akan meng-update setiap informasi terbaru terkait dengan Kelurahan Kuranji. Masyarakat juga akan terbantu untuk mengatasi permasalahan seputar kelurahan melalui kolom komentar yang telah tersedia di halaman website,”pungkasnya. (Bdr)

Comment