Pendidikan

Usai Matsama, Siswa Baru MAN 3 Digembleng Kegiatan Basis

246
×

Usai Matsama, Siswa Baru MAN 3 Digembleng Kegiatan Basis

Sebarkan artikel ini

PADANG- Setelah menyelesaikan program masa taaruf siswa madrasah (Matsama), MAN 3 Padang kembali menggembleng peserta didik baru melalui kegiatan Pembinaan Siswa (Basis). Namun, program Basis ini khusus diperuntukkan bagi 30 orang siswa lokal ‘takhassus’.

Serah terima siswa takhassus yang mengikuti program Basis Angkatan ke-3 itu dilakukan Kepala MAN 3 Padang, Afrizal, kepada instruktur diwakili Serka Pom Budi Kurniawan dari Pomal Lantamal II Padang, di lapangan madrasah, Kelurahan Balaigadang, Kecamatan Koto Tangah, Kota Padang, Senin (22/7/2019).

Dalam program Basis itu, para siswa lokal takhassus akan diberi pembekalan dengan materi kedisiplinan, pembinaan fisik, dan motivasi oleh instruktur dari Pomal lantamal II. Kegiatan tersebut diadakan di Tiger Camp Lubuk Minturun selama empat hari, Senin-Kamis (22-25/7/2019).

BACA JUGA  Ustadz Tuanku Bandaro Sakti Kocok Perut Jamaah Masjid Baiturahim

Acara serah terima peserta Basis itu turut dihadiri para orangtua dan walimurid serta segenap jajaran majelis guru dan pegawai MAN 3 Padang.

Dalam arahannya, Afrizal mengatakan bahwa tantangan ke depan sangat berat, jauh berbeda dengan suasana peperangan.

“Kalau perang jelas musuh yang dihadang. Sedangkan tantangan di era globalisasi sekarang, musuh yang dihadapi adalah ‘asimetris’. Tanpa disadari, kita bisa terjebak dan terjerumus dalam berbagai per buatan negatif. Seperti narkoba, LGBT, dan problema sosial serta tindak kejahatan lainnya. Akibatnya, masa depan hancur berantakan. Cita-cita tidak tercapai. Orangtua yang telah menyekolahkan ananda semua akan kecewa dan menangis,” kata Afrizal.

“Jangan sampai itu terjadi. Maka itu, melalui Basis ini diharapkan ananda semua bisa menjadi generasi muda unggul, berguna bagi agama, bangsa, dan negara. Selamat dunia dan akhirat,” sebut Afrizal yang dikenal sebagai sosok kepala madrasah yang visioner dan telah melahirkan berbagai inovasi dalam bidang pendidikan, khususnya madrasah.

BACA JUGA  Idra Putri Kunjungi Devandra Linggo Iqbal di Cibubur Jakarta

Dia berpesan kepada siswa peserta Basis untuk mentataati aturan yang ada, disiplin, dan patuh apada instruktur.

“Sebab, pembekalan ini manfaatnya juga untuk ananda semua, membentuk watak dan karakter yang tangguh dan pantang menyerah. Kami yakin, jika ini dilaksanakan maka kesuksesan akan menyertai ananda semua,” pungkas Afrizal.

Comment