Lifestyle

Libur Lebaran 2,1 Juta Wisatawan Kunjungi Sumbar, Rp214 Miliar Uang Berputar

259
×

Libur Lebaran 2,1 Juta Wisatawan Kunjungi Sumbar, Rp214 Miliar Uang Berputar

Sebarkan artikel ini
Nasrul Abit
Nasrul Abit

PADANG – Jumlah wisatawan mengunjungi Sumbar melebihi target Pemprov Sumbar, Pemprov menargetkan wisatawan 1,6 juta realisasinya melonjak menjadi 2,1 juta orang. Jumlah itu diperkirakan menyebabkan perputaran uang mencapai Rp214 miliar.

Data itu disampaikan Wakil Gubernur Sumbar, Nasrul Abit Selasa (11/6/2019). Dikatakannya, semula akibat sejumlah kondisi dikhawatirkan kunjungan wisatawan ke Sumbar menurun.

“Sesuai semua data dari kabupaten dan kota masuk malam ini, jumlah kunjungan mencapai 2,1 juta, jauh di atas target 1,6 juta orang,” katanya.

Data itu menurutnya untuk periode 5 – 9 Juni 2019 untuk 18 kabupaten dan kota minus Kabupaten Kepulauan Mentawai yang belum mengirimkan datanya.

Berdasarkan data yang dilaporkan, Kabupaten Pesisir Selatan mendapat kunjungan paling tinggi sebesar 795.747 wisatawan, Kota Padang 330.000 wisatawan, di susul Kota Pariaman 226.993 wisatawan dan Bukittinggi 192.242 wisatawan. Sementara kunjungan wisatawan mancanegara sebanyak 264 orang.

BACA JUGA  Pilihan Buka Bersama yang Menarik, Boleh Dicoba Menu Kafe Kitapunya

“Perkiraan uang beredar selama lima hari tersebut sebesar Rp214 Miliar, dengan asumsi kebutuhan makan minum rata-rata Rp100 ribu orang per hari,” ujarnya.

Diakuinya, data kunjungan wisatawan melalui Bandara Internasional Minangkabau (BIM) memang menurun dan berimbas pada jumlah kunjungan. Tetapi, kekurangan itu ditutupi oleh kunjungan wisatawan yang masuk lewat darat menggunakan bus atau kendaraan pribadi.

Nasrul Abit juga menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada para wisatawan yang mau berlibur di Sumbar bersama keluarga, sanak famili dan teman sejawat.

“Kita memang merasakan ada kemacetan luar biasa selama 5 hari, karena jumlah kunjunganya tinggi sementara prasarana jalan kita tidak ada pengembangan dan tidak lagi memadai kondisi menghadapi kunjungan wisatawan tersebut,” katanya.(bdr)

BACA JUGA  Difasilitasi BWS Sumatera V, Durian Cimpago Hadir di Kota Padang

Comment