Umum

Inovasi Bios44 TNI Tunjang Pendapatan Petani Lele di Agam

186
×

Inovasi Bios44 TNI Tunjang Pendapatan Petani Lele di Agam

Sebarkan artikel ini
Danrem 032/Wirabraja, Brigjen TNI Kunto Arief Wibowo, S.I.P  dan Tim Penilai Lomba Binter di Kelompok Budi Daya Lele Sangkuriang Jaya Agam.

AGAM – TNI terus melakukan berbagai upaya untuk membantu kesejahteraan masyarakat di berbagai wilayah. Salah satunya dengan menggunakan Bios44, yang multifungsi, baik digunakan untuk pelaku bidang pertanian, perikanan, hingga peternakan.

Kebermanfaatan Bios44 ini, sangat dirasakan oleh petani lele di daerah Nagari Koto Tangah, Tilatang Kamang, Kabupaten Agam Sumatera Barat (Sumbar). Apalagi setelah menggunakan Bios44 dari TNI ini, pertumbuhan lele yang dibudidayakan secara kelompok, semakin membaik dan panennya lebih cepat.

“Inovasi Bios44 yang ditemukan TNI ini sangat bermanfaat bagi kami, terutama untuk menunjang pendapatan,” ujar Ketua Kelompok Budi Daya Lele Sangkuriang Jaya Agam itu, Elfi Yanto dalam Lomba Binter dari Pusterad dan anggota kelompok tani, Senin (24/6/2019).

BACA JUGA  Lanjutkan Serbuan Vaksinasi, Kapal Perang TNI AL KRI Bontang 907 Sisir Sikakap  Mentawai 

Dalam pemaparannya di hadapan Danrem 032/Wirabraja, Brigjen TNI Kunto Arief Wibowo, S.I.P  dan Tim Penilai Lomba Binter itu, kelompok tani lele yang diketuainya sudah menggunakan Bios44 sejak bulan April yang lalu. Terbukti, setelah menggunakan Bios44 pertumbuhan lele lebih cepat.

Menurutnya, Bios44 sangat membantu percepatan tumbuhnya lele. Pasalnya, biasanya ketika benih lele dimasukkan di kolam pembesaran, untuk bisa dipanen setidaknya membutuhkan waktu 60 hingga 90 hari. Namun setelah pemakaian Bios44, lele bisa dipanen satu bulan lebih cepat dari biasanya.

“Pemakaian Bios44 ini April 2019, dan 17 Juni 2019 kemarin sudah bisa dipanen. Padahal waktu panen normalnya tanpa Bios44, seharusnya 26 Juli mendatang. Semakin cepat panen, tentu menunjang pendapatan,” ungkap Elfi.

BACA JUGA  Pertiwi Teladan Jalasenastri Korcab II DJA I Dapat Pembekalan dari Pembina 

Selain pertumbuhan yang cepat, dengan menggunakan Bios44 tidak perlu mengganti air, dikarenakan kondisi air lebih stabil dan dinetralisir produk Bios44byang dilarutkan. Bagi yang menggunakan kolam terpal, memerhatikan dan menjaga kondisi air sangatlah penting untuk pertumbuhan lele, agar tumbuhnya cepat dan lebih sehat.

“Dalam bertani lele, pemilihan bibit dan menjaga kondisi air sangat penting. Apalagi setelah menggunakan Bios44, nafsu makannya bertambah, tumbuhnya sangat cepat, dan ukurannya lebih besar,” jelasnya.

Comment