Lifestyle

KUA Padang Barat Wakili Kota Padang pada Lomba KUA Teladan Tingkat Sumbar

366
×

KUA Padang Barat Wakili Kota Padang pada Lomba KUA Teladan Tingkat Sumbar

Sebarkan artikel ini

PADANG – Kantor Urusan Agama (KUA) Padang Barat Kota Padang, Sumatera Barat (Sumbar), Doni Irawan didaulat sebagai mewakili Kota Padang ke lomba KUA Teladan tingkat Sumbar 2019.

Menjelang lomba tersebut KUA Padang Barat mengusung program Pater (program terpadu) terhadap warga pascanikah.

“Jadi penganten yang telah menikah, datanya langsung online dengan data Dinas Kependudukan Catatan Sipil (Disdukcapil),” ujar Kepala Kantor Kemenag Padang Marjanis, Jumat (10/05/2019).

Dikatakan, ketika Disdukcapil akan mencetak KTP pasangan penganten pasca melangsung pernikahan dengan sendirinya telah terdaftar di KTP tersebut status perkawinan. Begitu juga dengan lembaran KK (kartu keluarga) yang bersangkutan, juga telah terdaftar menjadi kepala keluarga.

BACA JUGA  Kebiasaan Merokok Pemicu Utama Ancaman Terserang Penyakit Paru

Selain itu, KUA Padang Barat memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat dengan membuka layanan SMS (short massage sistem) pengaduan. Terhadapan hal-hal yang tidak diinginkan masyarakat melalui SMS ini. Kemudian, dengan nmembuka layanan Indek Kepuasan Masyarakat (IKM).

Kemudian, mensinkronkan dengan program Keenterian Agama, yakni dengan kartu nikah. Sehingga, masyarakat tidak riobet membawa surat nikah ke mana-mana untuk membuktikan sudah menikah cukup saja menyodorkan dengan kartu nikah. Program nasional cukup sederha, ketika untuk bepergian kemana-mana. (rjk)

Comment